Bagikan
Pierre-Emerick Aubameyang/dok

LONDON – Derby London Utara antara Tottenham Hotspur dan Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Wembley, London, Sabtu (10/2), akan jadi yang pertama buat Pierre-Emerick Aubameyang. Auba kini menjadi andalan baru Arsenal. Spurs bukan lawan asing bagi mantan striker Borussia Dortmund itu. The Gunners butuh kemenangan untuk mendekati zona Liga Champions.

Saat masih membela Dortmund, Auba empat kali bertemu Spurs (dua kali di Liga Champions dan dua kali di Liga Europa). Dari empat duel tersebut, dia empat kali membobol gawang The Lilywhites. ”Pierre bakal menjadi senjata penting bagi kami. Saya yakin dia bisa memberi perbedaan di lapangan,” ungkap Arsene Wenger, manajer Arsenal.

Auba dikenal sebagai predator di kotak penalti lawan. Penyerang berkebangsaan Gabon itu akan mendapat sokongan penuh dari kawan lamanya semasa memperkuat Die Borussen, Henrikh Mkhitaryan. Kehadiran Auba diharapkan memperbaiki rekor tandang The Gunners. Di antara tim-tim pada posisi delapan besar saat ini, Arsenal punya catatan tandang terburuk lantaran kalah enam kali. Jumlah kekalahan itu bahkan setara dengan Bournemouth yang berada di urutan kesembilan. Selain itu, skuad Meriam London tak pernah bisa menang dalam 15 lawatan terakhir ke markas tim-tim lima besar saat ini (Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea dan Spurs).

Manajer Spurs Mauricio Pochettino mengakui Arsenal sebagai lawan yang sulit untuk dihadapi. Pria asal Argentina ini menilai The Gunners punya kualitas bagus, pemain berbakat, dan merupakan salah satu tim terbaik di Premier League. “Saya tidak peduli mereka diperkuat dua pemain baru. Kami fokus pada tim sendiri,” tutur Pochettino.

Seperti The Gunners, Si Lili Putih pun ingin memforsir tiga poin. Hanya dengan kemenangan Hugo Lloris dan kawan-kawan bisa menekan Liverpool yang berada di atas mereka dalam klasemen sementara. Tumpuan gol Pochettino jelas Harry Kane. Striker Inggris itu sukses mengemas enam gol dalam enam pertemuan dengan Arsenal di Premiership. Saat ini dia juga sedang melewati periode mantap dengan mencetak 14 gol dari 10 laga terakhir Spurs di seluruh kompetisi. (smn/rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here