Bagikan
Pelaksanaan UNBK SMA/Aliyah di salah satu sekolah, SMNet.Com/dok

 

MAGELANG- Hari pertama pelaksanan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/Aliyah di wilayah eks Karesidenan Kedu berjalan lancar. Sebanyak 16.823 siswa  dari 125 sekolah mengikuti ujian dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Ketua Panitia UNBK Wilayah IV Jawa Tengah, Prihestu Hartomo menerangkan, hari pertama ujian tidak mengalami hambatan berarti. Memang sempat terjadi loading yang lama di sesi pertama, karena traffic sedikit crowded.

‘’Sempat ada crowded, karena lalu lintas data (traffic) tinggi. Tapi, hanya beberapa menit dan cepat teratasi. Sampai sesi dua di siang hari, kami tidak menerima laporan ada masalah,” ujarnya saat ditemui di kantornya BP2MK Wilayah IV, kemarin.

Selain itu, pihaknya belum menerima laporan terkait peserta yang tidak ikut ujian di hari pertama. Dirinya akan menerima laporan secara utuh setelah hari pertama selesai dilaksanakan sampai sesi ketiga. ‘’Kami baru tahu datanya setelah pelaksanaan hari pertama selesai,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, dari total  125 sekolah, 13 sekolah di antaranya UNBK gabung ke sekolah lain.  Terdiri atas 6 sekolah di Kabupaten Magelang, 2 sekolah di Temanggung dan 5 sekolah di Kebumen. Sekolah yang gabung karena terkendala jumlah computer.

Kepala SMA Negeri 2 Magelang, Agung Mahmudi mengutarakan, hari pertama UNBK  dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan lancar.

‘’Semua siswa berjumlah 265 terdiri atas 178 siswa IPS dan 87 IPA ikut ujian. Pelaksanaan ujian dibagi tiga shift di tiga ruangan computer. Dua ruangan masing-masing terdapat 38 unit komputer, sedang satu ruangan ada 12 unit,’’ terangnya sambil menambahkan, sekolah juga  menyewa satu genset untuk jaga-jaga kalau listrik padam.

Agung menjelaskan, setiap ruangan dijaga  dua pengawas dari luar sekolah. Para peserta juga dilarang membawa ponsel ke dalam ruangan. Untuk menjaga kejujuran, pihak sekolah juga memasang sejumlah banner yang berisi imbauan agar jujur dan percaya diri.

Untuk menyiapkan siswa menghadapi UNBK, lanjutnya, sebelumnya dilakukan try out dua kali serta tambahan jam pelajaran. (SMNet.Com/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here