Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kanan) menyaksikan proses penyerahan hibah bangunan gapura makam RNg Djoyosudarso, yang dilakukan Erna Normawati kepada Kades Wonoharjo, Yulianto. Ini dilakukan bersamaan dengan acara puncak resepsi peringatan Hari Jadi Ke 277 Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

 

WONOGIRI – Resepsi puncak peringatan Hari Jadi Ke 277 Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/5), digelar di pendapa rumah dinas bupati dalam nuansa Jawa. Semua hadirin mengenakan busana beskap, jarik, blangkon dan berkeris untuk pria, serta kebaya dan berjarik untuk wanita. Petugas protokol yang memandu jalannya acara, menggunakan Bahasa Jawa ‘kromo alus,’, Demikian pula bagi mereka yang menyampaikan sambutan.

Warna kejawen ini identik dengan makna peringatan untuk pelestarian nilai-nilai perjuangan Raden Mas (RM) Said atau Pangeran Sambernyawa. Yakni tokoh pendiri Dinasti Mangkunegaran yang pada tahun 1741 ‘madhepok’ (bertempat tinggal) di Bumi Perdikan Nglaroh, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, yang telah melahirkan embrio institusi pemerintahan perdana bersama para punggawa baku (pendukung setia) di Wonogiri.

Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Ke 277 Kabupaten Wonogiri, Sekda Suharno melaporkan, serangkaian kegiatan yang telah dilakukan termasuk pemecahan rekor MURI untuk pentas musik campursari selama 100 jam nonstop. Kata Suharno, karena bersamaan dengan bulan suci Ramadan 1439 H, acara puncak resepsi peringatan Hari jadi Kabupaten Wonogiri Tahun 2018, yang dikemas dalam forum silaturahmi ekskutif dan legislatif bersama tokoh masyarakat ini digelar sore hari,  dan diakhiri dengan buka bersama.
Ikut memberikan sambutan tokoh masyarakat Suprapto (mantan Sekda Wonogiri), Ketua DPRD Setyo Sukarno, Wakil Bupati (Wabup) Edy Santosa. Bupati Joko Sutopo berkenan menyerahkan anugerah Satya Lencana Karya Satya dari Presiden kepada 20 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dinilai dedikatif dan tidak tercela.
Perinciannya, sebanyak 13 orang PNS menerima anugerah Satya Lencana Karya Satya untuk pengabdian selama 30 tahun. Kemudian sebanyak 2 orang PNS untuk pengabdian 20 tahun, dan 5 orang PNS untuk masa pengabdian 10 tahun. Ikut mendampingi Bupati dalam penyerahan anugerah Satya Lencana Karya Satya ini, Wakil Bupati (Wabup) Edy Santosa, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, Kapolres AKBP Robertho Pardede, Kajari Dodi Kelana bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Wonogiri.

Acara ini juga dihadiri oleh para Wakil Ketua DPRD (Dekik Suhardono, Sunarmin dan Basriyono) bersama para anggota Dewan dari tujuh fraksi dan Sekretaris DPRD Gatot Siswoyo, para pimpinan dinas dan instansi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri Ny Verawati Joko Sutopo, para camat se Kabupaten Wonogiri, para Kabid dan Kabag di jajaran eksekutif Pemkab Wonogiri.

Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno dalam sambutannya minta peringatan Hari Jadi Ke 277 Kabupaten Wonogiri  kiranya dapat dijadikan momentum untuk introspeksi diri dalam upaya ‘gumregah’ (bangkit) membenahi langkah kebersamaan ‘sesarengan mbangun’ Wonogiri. Hal ini penting dilakukan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wonogiri.

‘’Marilah kita ‘golong gilig’ (bertekad bulat) untuk ‘tiji tibeh’ (mukti siji mukti kabeh/ sejahtera satu sejahtera semua) guna mendarmabaktikan diri agar Wonogiri menjadi ‘tata tentrem kertaraharja’ (tenteram damai),’’  tegasnya.

Bersamaan itu, dari keluarga (trah) almarhum Bupati Wonogiri pertama, yakni Wedana Gunung Wonogiri Raden Ngabei (RNg) Djoyosudarso, berkenan menyerahkan hibah bangunan gapura makam di Bukit Ambarwangi di Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi (25 kilometer arah selatan Kota Wonogiri). Penyerahannya dilakukan oleh Raden Ngaten (RNgt) Erna Normawati Widodo Putri (Asisten Pengawas Kejati Jateng) yang tampil mewakili trah Djoyosudarsan ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan kepada Kades Wonoharjo, Yulianto.

Ikut mendampingi Erna Normawati Widodo Putri, Ki Raden Resbanu Aprilianto Widodo Putro dan Raden Resitanto Widodo Putro. Mewakili trah Djoyosudarsan, Erna Normawati, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang telah peduli memugar makam tersebut. (SMNet.Com/bp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here