Bagikan
Kepala Disdikbud Kota Magelang Taufik Nurbakin menyerahkan penghargaan kepada para siswa SMP Negeri 1 peraih nilai UNBK dan ujian sekolah terbaik, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG – Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP Negeri 1 Magelang tahun akademik 2017/2018 dinyatakan lulus 100 persen. Prestasi ini sudah menjadi langganan sekolah yang berusia 106 tahun tersebut.

Prestasi lain sekolah yang berlokasi di Jalan Pahlawan Kota Magelang itu, diperkirakan meraih peringkat pertama Jawa Tengah untuk rata-rata nilai UNBK.

Hal itu disampaikan Kepala SMP Negeri 1 Magelang Nurwiyono SN pada pengumuman kelulusan dihadapan para orangtua atau wali serta komite sekolah, Senin (28/5). Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Taufik Nurbakin.

‘’Total murid kelas 9 ada 234 orang (123 perempuan dan 111 laki-laki). Hasilnya semua dinyatakan lulus 100 persen,’’ ujar Nurwiyono disambut tepuk tangan meriah para siswa yang baru mengetahui kelulusan saat itu.

Dia juga memberitahu kepada orangtua atau wali dan komite, sekolah yang dipimpinnya disinyalir kuat meraih nilai rata-rata sekolah tertinggi di Jawa Tengah, yakni 350,10. Hal ini diketahui secara internal oleh kelompok sekolah RSBI se-Jawa Tengah yang saling memberi informasi.

‘’Peringkat  sebenarnya tidak diumumkan oleh dinas di provinsi. Tapi, di grup sekolah RSBI se-Jawa Tengah saling berbagi nilai yang didapat dan sekolah kita yang meraih nilai tertinggi,’’ katanya.

Menurutnya, hasil ini makin meneguhkan SMP 1 Magelang masih menjadi yang terbaik di Jawa Tengah, juga terbaik di Kota Magelang. Prestasi berkat kerja keras banyak pihak dari guru, orang tua, komite hingga Pemkot Magelang yang komitmen untuk mempertahankan prestasi.

“Nilai ini  sekaligus menegaskankepada para siswa dan orang tua agar tidak perlu khawatir tentang sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB tingkat SMA. Kami yakin anak-anak bisa melanjutkan ke SMA yang menjadi keinginannya tanpa terhalang oleh sistem zonasi,’’ ungkapnya.

Nurwiyono menjelaskan juga enam besar siswa peraih nilai UNBK tertinggi. Peringkat pertama diraih Aulia Sintya Sari dengan nilai 97,1, peringkat dua Ayunda Rara Priska (96,5), dan peringkat tiga Priagung Raja Kuncoro (96,3).

Sementara tiga terbaik untuk hasil ujian sekolah diraih peringkat pertama Chasna Salsabila (95,55), peringkat dua Ahmad Wildan Hafidz (95,55), dan peringkat tiga Idfi Arinal Haqqi (95,18). Para siswa terbaik ini mendapat apresiasi tinggi dari sekolah dan pihak ketiga sebagai pendukung acara.

Kepala  Disdikbud Kota Magelang, Taufik Nurbakin  mengemukakan, di tingkat provinsi memang tidak disampaikan pemeringkatan dari nilai tertinggi sampai terendah. Hal ini  supaya tidak terjadi kesombongan atau rendah hati dari sekolah-sekolah bersangkutan.

‘’Di Kota Magelang pun sebenarnya tidak ada pemeringkatan. Tapi, karena sekolahnya hanya 23 negeri dan swasta, maka hanya diurutkan saja nilainya dari yang tertinggi sampai terendah. Yang jelas, kami sangat mengapresiasi SMP 1 Magelang yang meraih prestasi luar biasa di tahun akademik ini,” tegasnya. (SMNet.Com/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here