Bagikan
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito usai memimpin upacara gelar pasukan pengaman lebaran, memeriksa perlengkapan Polres Magelang Kota yang disiapkan untuk Operasi Ketupat Candi 2018, (SMNet.Com/dh)

 

MAGELANG- Tiga jalan utama di Kota Magelang, yaitu Jalan A Yani, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Sudirman,  diindentifikasi oleh Polres Magelang Kota rawan kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 1439 H.

‘’Ketiga jalan itu rawan kecelakaan karena kondisi jalannya  yang lebar dan  lurus, sehingga para pengendara  akan menambah laju kendaraannya lebih kencang. Saya mengimbau
berhati-hati dan jangan lengah saat melintas jalan tersebut,’’ pinta Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Dharmawan, usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2018 di Alun-alun Kota Magelang, kemarin.

Selain itu, di Jalan A Yani tepatnya di daerah Sambung yang merupakan daerah perbatasan dengan Kabupaten Magelang terjadi  penyempitan lajur jalan,  dari empat lajur di wilayah kota menyempit menjadi dua lajur saat masuk wilayah kabupaten. Akibatnya sering terjadi kemacetan di Sambung.

Jalur jalan yang juga rawan macet adalah  sepanjang Jalan
Pemuda (kawasan Pecinan) dan pertigaan Canguk  menuju arah Tegalrejo dan Salatiga.

Kapolres menuturkan, untuk mengantisipasi kemacetan dari arah Yogyakarta/Magelang menuju Semarang, pihaknya menyiapkan jalur alternatif. Yakni, sesampainya di pertigaan Menowo, melewati Desa  Pancuran Mas, Desa Pucang dan Secang langsung menuju ke Semarang atau Wonosobo.
‘’Untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah perbatasan, baik di Sambung (sebelah utara) dan  Soka ( sebelah selatan) Kota Magelang, kami  akan berkoordinasi dengan Polres Kabupaten Magelang,’’ tuturnya.

Untuk mengamankan arus mudik dan balik  Lebaran, lanjutnya, Polres Magelang Kota mengerahkan 296 personel Polri dibantu  unsur TNI 30 orang, Dinas Perhubungan (15), Satpol PP (30), Linmas ( 20),  petugas pemadam kebakaran (8), Saka Bhayangkara (15), Orari/Rapi  (30) dan PMI/Dinas Kesehatan Kota Magelang sebanyak 12 orang.
‘’Total jumlah personel yang akan mengamankan selama arus mudik dan balik sebanyak 456 orang, dan ditempatkan di empat pos pengamanan dan satu pos pengamanan terpadu,’’ terangnya.

Keempat pos pengamanan tersebut terdiri Pospam I di Pertigaan
Kebonpolo, Pospam 2 di Alun-alun Kota Magelang, Pospam 3 di simpang tiga  shopping depan Pasar Rejowinangun dan Pospam 4 di simpang tiga Soka depan  Hotel Trio. Sedangkan Pospam terpadu di Terminal Tidar Magelang.

Kristanto menambahkan, selain melakukan pengamanan selama arus mudik dan balik, pihaknya juga melakukan pengamanan di 32 lokasi yang dijadikan  tempat pelaksanaan salat Ied. Selain  itu, pengamanan  juga dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan  yang tersebar di empat lokasi dan obyek wisata di kota ini. (SMNet.Com/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here