Bagikan
Kane (kanan) dan Rashford/dok

LEEDS – Gareth Southgate, pelatih tim nasional Inggris, memang belum menentukan 11 starter andalan untuk menghadapi Piala Dunia 2018. Persaingan menembus starting eleven akan ketat terutama di lini depan. Harry Kane sudah pasti menjadi tumpuan di barisan penggempur. Menurut Glenn Hoddle, pelatih Inggris 1996-1999, akan sensasional jika Marcus Rashford dipasangkan dengan striker Tottenham Hotspur itu.

Penilaian Hoddle dilontarkan seiring dengan aksi teranyar Rashford dalam laga uji coba terakhir The Three Lions menjelang World Cup di Rusia. Penyerang Manchester United ini mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 atas Kosta Rika. ”Naluri Rashford sebagai penyerang sungguh mantap. Yang paling saya sukai, pikiran pertama yang terlintas di benaknya adalah ‘saya akan menembak’,” ujar Hoddle. Eks bintang Tottenham ini meyakini Rashford bakal jadi rekan duet yang sensasional buat Kane. Keduanya juga sama-sama bertipe predator di kotak penalti lawan.

Southgate mengaku senang dengan ketatnya persaingan untuk menjadi 11 pemain inti. Dia memang sengaja memberi kesempatan pada semua pemain tampil dalam partai persahabatan. “Kami punya persaingan yang kuat untuk semua posisi di tim. Kami butuh gambaran yang pasti sebelum menentukan pilihan terakhir,” tutur Southgate. Mantan bek tengah ini lebih suka menggunakan sistem tiga bek dari pada empat defender sejajar. Dia bakal mengedepankan skema 3-5-2 atau 3-4-1-2.

Sejauh ini skuad Tiga Singa baru mengoleksi satu trofi, yakni Piala Dunia 1966. Mereka kalah bersaing dari Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia. “Hal utama yang harus kami lakukan adalah percaya. Ini bisa membawa hasil berbeda. Memang sulit, karena selama 50 tahun terakhir kami belum memenangi apa pun,” kata Kane. (rr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here