Bagikan
Wakil Wali Kota Windarti Agustina didampingi Kepala Dinkes Kota Magelang dokter Fatma Murtiningsih melihat sopir sedang melakukan cek kesehatan di Terminal Tidar. (SMNet.Com/dh)

 

MAGELANG – Puluhan pengemudi bus di Terminal Tidar Kota Magelang melakukan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan Dinas Kesehatan setempat. Hal itu untuk memastikan  mereka sehat karena akan mengangkut arus mudik dan balik Lebaran 1439 H.

Semua pengemudi bus memeriksakan kondisi kesehatannya di posko kesehatan, beberapa hari lalu. Pemeriksaan meliputi tensi, gula darah, kolesterol, alkohol, narkoba dan buta warna yang dilakukan oleh tim medis..

‘’Menjelang Hari Raya Idul Fitri kita selalu buka layanan kesehatan di terminal,’’ ujar Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Fatma di sela tinjauan kesiapan mudik Lebaran oleh Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina.

Dia menuturkan, pemeriksaan kesehatan untuk memberikan pelayanan pada para pengemudi bus yang masuk ke Terminal Tidar. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan mereka baik sebelum melaksanakan tugas mengangkut penumpang di musim mudik dan balik Lebaran.

‘’Termasuk upaya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kondisi kesehatan sang sopir. Kalau kondisi kendaraan diperiksa, tentunya manusianya juga harus diperiksa agar saat mengemudi dalam kondisi fit,’’ terangnya.

Fatma mengimbau pada para pengemudi untuk selalu menjaga kesehatan sebelum bertugas. Pastikan istirahat cukup dan pola makan seimbang serta aktivitas fisik yang cukup.

‘’Saat mudik dan balik nanti jangan remehkan area istirahat yang sudah disiapkan. Manfaatkan rest area itu untuk istirahat memulihkan kondisi. Kalau memang lelah, istirahatlah. Jangan pertaruhkan nyawa diri sendiri dan orang lain,’’ pintanya.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan ini penting untuk para pengemudi sebelum bertugas mengangkut penumpang di momen Lebaran. Dia mengapresiasi langkah Dinkes yang memberikan layanan cek kesehatan gratis ini.

‘’Saya lihat banyak pengemudi yang cek kesehatan. Bagus untuk kesiapan pengemudi sebelum membawa penumpang pulang kampung. Jangan abaikan keselematan penumpang dengan tidak siap dalam hal kesehatan diri,’’ ujarnya.

Dalam tinjauan yang diikuti juga Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan dan Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono ini, Windarti juga mengecek kesiapan armada bus PO Handoyo dan Terminal Tidar.

Bahkan rombongan juga menjajal langsung salah satu bus dengan menaikinya dari garasi PO Handoyo menuju Terminal Tidar. Usai turun dari bus Windarti mengaku, kondisi bus dalam keadaan baik dan siap untuk angkutan Lebaran.

‘’Busnya bagus dan nyaman. Mudah-mudahan kondisinya selalu baik seperti ini, sehingga penumpang merasa nyaman,’’ ungkapnya. (SMNet.Com/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here