Bagikan
Saat menerima kunjungan siswa SMK Negeri 1 Jatiroto, santri-Ponpes Manjung Kecamatan Wonogiri, Kabupaten mempertunjukan demo seni bela diri pencak silat, dan atraksi mematahkan batu bata memakai tandukan kepala.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Para siswa SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, menyantuni anak yatim piatu yang menjadi santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Manjung. Itu dilakukan dengan cara mengumpulkan sebagian dari uang saku mereka dan usaha lain yang diprakrasai pengurus OSIS, selanjutnya diberikan kepada para anak yatim piatu tersebut.

Penyerahan santunan dari para murid ini dilakukan dalam aksi kepedulian Jumat petang (8/6), dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan OSIS SMK Negeri 1 Jatiroto ke Ponpes Manjung asuhan Briptu Eko Yulianto. Ponpes ini berlokasi di Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ikut mendampingi aksi kepedulian para murid ini, Guru Pembina OSIS Bahrudin dan Wakasek Kesiswaan Maryono.

Kepala SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, menyatakan, dalam melakukan Safari Ramadan, para murid juga dua kali membagi-bagikan takjil di Kota Jatiroto dan Jatisrono. Di bulan suci ini, sekolah juga menggelar  tarawih keliling, lomba musik rebana antarsiswa, buka bersama, dan melakukan kunjungan ke Ponpes Manjung untuk memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Kunjungannya ke ponpes itu dalam upaya menumbuhkan kepekaan sosial sebagai bagian dari kiat melaksanakan pendidikan karakter. Bersamaan itu, juga dilakukan buka bersama dengan para santri.

Sebagai tuan rumah, para santri menyajikan hiburan demo jurus bela diri pencak silat dan atraksi mematahkan batu bata dengan kekuatan tangan kosong, serta memakai tandukan kepala.

Menyongsong Lebaran Idul Fitri 1439 H, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloni menyerahkan bingkisan lebaran kepada para prajurit dan staf PNS yang berdinas di jajaran Kodim dan Koramil. Perwira Penerangan Kodim (Papendim) 0728 Wonogiri Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, bingkisan lebaran tersebut merupakan bagian dari bentuk perhatian pimpinan kepada anak buah, dalam rangka merayakan Lebaran Idul Fitri 1439 H.

Di Kecamatan Giriwoyo, Kapolsek setempat AKP Mulyanto, memimpin bakti sosial  dalam rangka menyambut HUT Ke 72 Bhayangkara, dengan memberikan bantuan sembako kepada sejumlah warga miskin. Bantuan diberikan kepada 15 warga miskin yang bermukim di Desa Selomarto, Pidekso dan Desa Gedongrejo.
Sementara itu, Ketua Ikatan Remaja Masjid Al Mukmin Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Sahrul Aprianto, tampil memprakarsai kegiatan Pesantren Ramadan. Kegiatan ini, diikuti oleh 100 peserta anak-anak dengan mengambil tema ‘Bermain, berilmu, beramal dan bertaqwa.’ Upacara pembukaan Pesantren Ramadan yang dilaksanakan di penghujung akhir bulan suci ini, dihadiri Camat Danang Erwanto, Kapolsek AKP Suyatno, Penyuluh Agama Najib Al Maskur dan Takmir Masjid Muhamad Kasino. Pesantren Ramadan, digelar dalam rangka memakmurkan masjid, berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Juni 2018.(SMNet.Com/bp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here