Bagikan
Polisi lalu lintas memberitahu pemilik kendaraan bahwa parkir tidak lagi 30 derajat tetapo 0 derajat atau sejajar satu lajur, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang melakukan rekayasa tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat di  sepanjang Jalan pemuda, mengingat kepadatan arus lalu lintas di jalan protokol tersebut menjelang Lebaran.

Kepala Dishub Suryantoro menerangkan, sepeda motor yang semula  parkir di pinggir jalan  dipindahkan ke sebagian trotoar sebelah timur. Sedang parkir mobil diubah yang semula  serong 30 derajat menjadi  nol derajat atau sejajar satu lajur.

‘’Rekayasa parkir kendaraan bermotor di kawasan Pecinan  itu dilakukan  agar  menjelang  dan setelah Lebaran  tidak terjadi kemacetan di jalan itu,’’ katanya kemarin.

Penataan parkir di sepanjang  Jalan Pemuda  mulai diberlakukan Jumat (8/6) hingga H+7 lebaran atau  22 Juni  2018. Diharapkan setelah dilakukan penataan parkir, arus lalu lintas di jalan sepanjang 1 kilometer makin lancar.

‘’Kebijakan seperti ini pada Lebaran tahun  lalu juga diberlakukan, dan hasilnya cukup baik untuk mengurai kemacetan. Karena itu, pada Lebaran tahun ini kembali diberlakukan,’’  tuturnya.

Selain itu, rekayasa lain yang dilaksanakan adalah menutup akses Jalan Pajajaran dari arah barat  ke luar  menuju Jalan Pemuda. Penutupan arus lalu lintas khususnya kendaraan roda empat tersebut dilakukan di simpang empat dekat Pasar Tukangan.

Penutupan dilakukan karena sesampainya pertigaan menuju Jalan Pemuda sering terjadi kemacetan. Penyebabnya pertigaan tersebut jaraknya terlalu dekat dengan lampu pengatur lalu lintas di perempatan Pasar Rejowinangun.

Dengan adanya penutupan arus lalu lintas untuk kendaraan roda empat dari Jalan Pajajaran, maka untuk masuk Jalan Pemuda mobil dialihkan melewati Jalan Pajang. ‘’Untuk masuk Jalan Pemuda satu pintu melalui Jalan Pajang.’’ ujar Suryantoro. (SMNet.Com/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here