Bagikan
Personel Babinsa dari Koramil Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri ikut turun ke jalan membantu anggota kepolisian, dalam upaya melakukan pengaturan arus lalu lintas yang padat berkaitan dengan perayaan hari Lebaran Idul Fitri 1439 H.(SMNet.Com/bp)
WONOGIRI – Situasi keramaian arus kendaraan, mewarnai hampir semua ruas jalan di wilayah Kabupaten Wonogiri. Ini terkait erat dengan perayaan H+3 Lebaran Idul Fitri 1439 H, utamanya di sejumlah ruas jalan menuju obyek wisata, yang bersamaan waktunya dengan awal dimulainya perjalanan arus balik pasca-lebaran.
Guna mengantisipasi kemacetan dan keruwetan arus lalu lintas, para personel Babinsa dan anggota Koramil Kodim 0728 Wonogiri, diturunkan ke jalanan membantu anggota Polsek dan Polres. Di perempatan Ibukota Kecamatan Pracimantoro (40 Kilometer arah baratdaya Kota Wonogiri), personel Babinsa Serma Sucipto dan anggota Polsek Pracimantoro pimpinan Kapolsek AKP Krisyanto, menjalin sinergitas melakukan tugas pengaturan arus lalu lintas.
Sejak berlangsung arus mudik, perempatan Pracimantoro dipadati oleh berbagai kendaraan pemudik. Ini berkaitan dengan letak startegis Pracimantoro, yang berada pada ruas Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Kabupaten Gunungkidul (DI Yogyakarta)-Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim). Kecamatan Pracimantoro menjadi ramai, karena juga menjadi destinasi wsiata dengan keberadaan Museum Karst Indonesia yang terletak di Dusun Mudal, Desa Gebangharjo.
Jalinan sinergitas Koramil-Polsek, sebelumnya juga dilakukan dalam melaksanakan salat Ied di Lapangan Sepak Bola Pracimantoro, dengan Imam Salat dan Kotib oleh Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Abanah Purwantoro, KH Muhamad Hidayatuloh. Kerjasama dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-Polri dan masyarakat, juga dilakukan oleh Babinsa Serma Puji bersama Bhabinkamtibmas dari Polsek Purwantoro, Wonogiri, baik dalam pengamanan salat Ied maupun pengaturan arus lalulintas pada keramaian perayaan Lebaran Idul Fitri 1439 H. Ikut serta dalam tugas pengamanan salat Ied dan pengaturan arus lalu lintas lebaran, para personel Banser dari Nahdlatul Ulama (NU).
Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede dan Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, menyatakan, situasi arus lalu lintas di Wonogiri cukup padat dan ramai. Meski demikian, dengan pengaturan dan rekayasa yang dilakukan petugas, pengelolaan arus kendaraan tetap dapat diwujudkan secara tertib dan aman.
Sementara itu dari Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan seorang menderita luka-luka. Korban, Budi Santoso (40), warga asal Dusun Jetak RT 3/RW 1, Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Saat kejadian, Budi Santoso, mengendarai sepeda motor Honda Revo berpalat nomor AD 3845 EZ.
Ketika itu, Budi Santoso, meluncur di ruas jalan antarprovinsi Wonogir (Jateng)-Ponorogo (Jatim). Ketika tiba di lokasi kecelakaan, Budi mendadak belok ke kanan namum tertabrak mobil Toyota Avanza berplat nomor B.1326 UOJ dari arah balakang. Petugas yang menangani kecelakaan ini, mencatat mobil Avanza tersebut dikemudikan oleh Sadi Pranoto (53) penduduk asal Kampung Uwung Girang RT 4/RW 11, Kecamatan Uwung Jaya, Kabupaten Tangerang, Provisi Banten.(SMNet.Com/bp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here