Bagikan
Wali Kota Sigit Widyonindito memberi hadiah kepada Margiyono kulkas dua pintu. Dia datang bekerja di Kantor TKL paling pagi pukul 05.10, (SMNet.Com/dh)

 

 

MAGELANG-Sudah menjadi tradisi tahunan  pada hari pertama masuk kerja seusai libur panjang Lebaran,  Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito selalu memberi hadiah kepada karyawan yang masuk kerja paling pagi.

Pemberian reward seperti itu dilakukan Sigit sejak awal menjabat wali kota periode pertama tahun 2010. Adapun lokasi kantornya bergantian. Pernah di Kantor Setda Kota Magelang, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota (DKPT) dan instansi lainnya.

Tahun 2018 wali kota memimpin apel seusai libur panjang Lebaran di Kantor Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng (TKL), Kamis (21/6). Reward itu merupakan wujud perhatian dan motivasi wali kota kepada para karyawan di jajaran Pemkot Magelang.

‘’(Reward) ini biasa saja, saya nabung selama satu tahun  sisihkan dari gaji untuk membeli peralatan rumah tangga. Kemudian saya berikan sebagai reward kepada karyawan di jajaran Pemkot Magelang,’’ katanya pada apel pagi dilanjutkan penyerahan reward kepada karyawan di Taman Kyai Langgeng, kemarin.

Pada hari pertama kerja, dari jumlah karyawan TKL sebanyak 110 orang, 12 di antaranya tidak berangkat. Terdiri atas  5 orang dinas dalam, 6 orang libur dan 1 orang cuti.
Sigit menerangkan, dirinya memberi reward secara acak di dinas/instansi jajaran Pemkot Magelang. Tahun ini, kebetulan yang dipilih TKL sebagai lokasi inspeksi mendadak  (sidak) kepada instansi yang melayani masyarakat, sekaligus menyerahkan reward.

‘’Rewardnya tidak seberapa, hanya peralatan rumah tangga. Tapi jangan dilihat nilainya, dilihat gunanya,’’ pintanya. Pemberian reward tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat memotivasi sekaligus mengetes tanggung jawab para karyawan dalam bekerja.

Enam orang karyawan TKL yang menerima reward berangkat lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan pada pukul 06.00. Yaitu Margiyono  datang bekerja pukul 05.10,  Budi Prayitno (05.33), Budi Siswoyo (05.41), Dodi Sutastrobakti (05.45, Heri Istiyanto (05.47) dan Mulyono (05.51).

Selain memberi reward, Sigit juga akan member sanksi kepada pegawainya yang tidak kerja pada di hari pertama masuk kerja usai libur panjang Lebaran.

‘’Kalau ada yang tidak masuk kerja itu terlalu, pasti akan ada sanksi sesuai dengan PP 53 Tahun 2011 tentang Disiplin PNS. Kalau ada yang kerjanya tidak serius akan saya pecat,’’ tegasnya.
Reward dan punishment ini, tambahnya, berlaku untuk seluruh PNS maupun nonPNS di bawah Pemkot Magelang tanpa terkecuali.
Margiyono karyawan TKL yang menerima reward mengaku  senang menerima hadiah langsung dari wali kota. Dirinya tidak menyangka berangkat kerja pagi hari ternyata membawa keberuntungan.

‘’Saya senang dan tidak menyangka. Hari ini memang saya berangkat kerja agak pagi karena sampah yang harus dibersihkan lebih banyak, setelah libur Lebaran. Saya berangkat dari rumah setelah shalat Subuh, sampai di kantor  jam 05.00  langsung membersihkan sampah,’’ tutur karyawan bagian kebersihan.

Dia menerima kulkas dua pintu. Sementara karyawan lainnya menerima televisi, magic com, dispenser, kompor dan setrika.‘’Hadiah mau saya pakai di rumah, kebetulan saya belum punya kulkas dua pintu,’’ ujarnya. (SMNet.Com/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here