Bagikan
Tim medis dari Satgas Nusantara Unit Urkes Dokpol Polres Wonogiri, menggelar pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada para juru mudi dan nahkoda perahu wisata di obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(SMNet.Com/bp)
WONOGIRI – Bhakti Kesehatan (Bhaktikes) Satgas Nusantara 2018 yang dilakukan oleh tim medis dari Unit Urusan Kesehatan (Urkes) Kedokteran Polisi (Dokpol) Polres Wonogiri, menggelar pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk para juru mudi dan nahkoda perahu wisata di obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, Jumat (22/6), menyatakan, pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma kepada para juru mudi dan nahkoda perahu wisata, itu dilakukan melalui cara jemput bola. Yakni tim medis dari Urkes Dokpol Polres Wonogiri yang tergabung dalam Satgas Nusantara, mendatangi dermaga perahu wisata di Pantai Sendang Asri obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh tim Urkes Dokpol Polres Wonogiri, Kamis (21/6), diberikan kepada sebanyak 43 orang juru mudi dan nahkoda serta kru perahu wisata di obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Bersama itu juga diberikan pelayanan konsultasi kesehatan.
Tujuannya, untuk menghadirkan juru mudi dan nahkoda perahu yang sehat, dalam upaya mendukung terwujudnya pelayanan pelayaran wisata yang aman, aman, dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bersama itu, tim juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang perlunya membudidayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), termasuk perlunya menjauhi penyalahgunaan narkoba dan alkohol.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Ismiyanto, dan Kasi Lalu Lintas Air Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP), Suyatno, menyatakan, di obyek wisata Waduk Gajahmungkur disediakan fasilitas sebanyak 28 perahu wisata. Terdiri atas 16 perahu masing-masing berkapasitas 16 penumpang, dan 12 perahu carteran dengan kapasitas angkut masing-masing 8 orang.
Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh Satgas Nusantara Urkes Dokpol Polres Wonogiri, sebelumnya dilakukan di Terminal Induk Bus Giri Adipura di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Itu dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Wonogiri bersama RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP beserta Koordinator Terminal Induk Bus Giri Adipura.
Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Temrinal Induk Bus Giri Adipura, dilakukan kepada ssebanyak 52 orang sopir bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) dan pengemudi bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sebelumnya, jajaran Urkes Polres Wonogiri dalam rangka menyambut HUT Ke 72 Bhayangkara, juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak kendaraan umum yang mangkal di terminal bayangan timur SD Negeri 1 Wonogiri. Pemeriksaan kesehatan yang digelar di terminal bayangan atau dikenal sebagai halte Agraria ini, dilakukan terhadap 27 sopir Angkutan Pedesaan (Angkudes) yang melayani pengangkutan penumpang lokal antarkecamatan, dalam wilayah Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here