Bagikan
Apel kesiapan pengamanan pilkada di Alun-alun Kota Magelang, SMNet.Com/dh)

 

MAGELANG- Empat tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan mendapat perhatian khusus dari Polres Magelang Kota. Penilaian rawan ini mengingat sejarah masa lalu,  di mana pernah terjadi bentrok antarpendukung,  penganiayaan kepada petugas KPPS serta konsumsi miras.

Keempat  TPS rawan ini berada di wilayah Kecamatan Magelang Selatan. Antara lain TPS 4, 5 dan 10 di Kelurahan Rejowinangun Selatan dan TPS 9 di Kelurahan Magersari.

‘’Sejarahnya pernah terjadi bentrok antarpendukung, pemaksaan pemilihan kepada para pemilih yang tidak memiliki surat pemilihan, penganiayaan petugas KPPS dan minum minuman keras,” ujar Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan usai apel kesiapan di Alun-alun Kota Magelang,
kemarin.

Dia menegaskan, di TPS rawan ini berlaku pola pengamanan 248. Yakni  2 personel Polri mengawasi 4 TPS bersama 8 anggota Satlinmas. Sementara untuk TPS aman berlaku pola 288, yakni 2 Polri awasi 8 TPS bersama 8 Satlinmas.

‘’Anggota Polri yang bertugas di TPS kami bekali peralatan tongkat dan borgol. Sebelum pengamanan, kami sudah lakukan tindakan preventif  ke masyarakat,’’ tuturnya didampingi Sekda Kota Magelang, Sugiharto yang hadir pada apel tersebut.

Kristanto menerangkan,  pihaknya siap mengamankan jalannya Pilkada 2018 dengan 338 TPS. Jumlah TPS ini tersebar di tiga kecamatan di wilayah Kota Magelang dengan 220 TPS dan satu kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, yakni Bandongan dengan 118 TPS.

‘’Kita juga punya satu TPS khusus, yakni TPS 15 di Lapas IIA Magelang. Kita siapkan pengamanan di TPS khusus ini, karena ada 15 napi yang high risk, seperti teroris, pidana pembunuhan, gangguan jiwa dan lainnya,” tegasnya.

Untuk mengamankan Pilkada ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 329 personel. Kemudian dibantu 1.056 personel Linmas dan 30 personel TNI.  ‘’Hanya 94 personel Polri yang khusus mengamankan TPS. Adapun personel lainnya bertugas di tindakan preventif dan penegakan hukum terpadu (Gakumdu),’’ terangnya.   (SMNet.Com/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here