Bagikan
Danrem 074 Warastratama Surakarta Kolonel (Inf) Widi Prasetijono (kanan) didampingi Dandim Wonogiri Lektol (Inf) M Heri Amrulloh bersama Camat Kismantoro Joko Purwiyatmo (kiri) serta aparat Polsek Kismantoro, melakukan peninjauan ke Embung Watgede di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro.(SMNet.Com/bp)
WONOGIRI – Komando Resor Militer (Korem) 074 Warastratama Surakarta, berencana akan membangun embung lagi di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Lokasinya di Dusun Setren, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro (sekitar 70 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Wacana akan membangun embung lagi ini, terungkap bersamaan dengan acara kunjungan kerja Danrem Kolonel (Inf) Widi Prasetijono ke Kismantoro, Wonogiri.
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandi Pendim) 0728 Wonogiri, Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, kunjungan kerja Danrem awalnya dilakukan untuk mengecek keberadaan embung yang dulu pernah dibangun oleh Korem 074 Warastratama Surakarta. Yakni Embung Watugede di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Prasarana tandon air untuk fasilitas pengairan petani tersebut, dulu dibangun Korem bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo dan Kodim 0728 Wonogiri, yang dilaksanakan gotong royong bersama warga masyarakat setempat.
Kondisi Embung Watugede, itu sampai sekarang masih terawat baik dan memberikan fungsi irigasi secara efektif untuk mengairi lahan pertanian milik petani setempat seluas 6 Hektare (Ha) yang ditamani aneka sayur mayur dan lombok. Manfaatnya, mampu memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan kaum tani. Disi lain, bangunan tandon air itu, juga dikembangkan sebagai obyek rekreasi baru, yang sering didatangikan warga Kismantoro dan sekitarnya.
Terinspirasi keberadaan Embung Watugede ini, Danrem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Widi Prasetijono, berencana akan membangun lagi embung baru, yang lokasinya berada di Dusun Setren, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantroro, Kabupaten Wonogiri. Untuk merealisasikan ide pembangunan embung baru ini, telah dilakukan proses pengajuan persetujuan ke Pemkab Wonogiri.
Dalam kunjungannya ke wilayah Kecamatan Kismantoro, Danrem Kolonel (Inf) Widi Prasetijono, didampingi Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, Kasi Intel Korem Letkol (Inf) Teguh Wibowo, dan Pasilog Kodim 0728 Wonogiri Wng Kapten (Inf) Jiman. Kedatangan mereka disambut oleh Camat Kismantoro Joko Purwiyatmo bersama Danramil-20 Kismantoro Kapten (Inf) Gasar dari dari Polsek setempat. Dalam kesempatan itu, Danrem berkenamn memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu, serta kepada penderita gondok di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro. Bantuan sembako, diterima oleh Sadiman, Rakinem dan Narsih, warga yang tinggal di RT 1/RW 2 Dusun Ngroto, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Bantuan yang sama juga diberikan kepada Nenek Muah dan Kateno penderita tuna wicara yang tinggal di Dusun Sambeng RT 3/RW 5, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri.
Kunjungan kerja Danrem bersama rombongan, dilanjutkan menuju ke wilayah Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan juga dalam penjajagan terhadap rencana membangun embung di Dusun Bubakan, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Wonogiri. Kedatangannya di Girimarto, disambut Camat setempat, Suparmo, bersama Danramil Girimarto Kapten (Cba) Suparna dan Kapolsek AKP La Amani serta Kades Bubakan, Maryanto.(SMNet.Com/bp)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here