Bagikan
Kepala Dinas Sosial Kota Magelang Hardi Siswantono saat membuka kegiatan pembinaan kepada lansia dan keluarganya, (SMNet.Com/doK)

 

MAGELANG- Pemkot Magelang berupaya mewujudkan lansia tangguh. Yaitu menjadikan lansia yang sehat, aktif, mandiri dan produktif dalam pembangunan daerah. Terkait itu, maka berbagai pelayanan kesejahteraan sosial khususnya bagi lansia terus diupayakan secara berkesinambungan.

‘’Program ini merupakan cerminan upaya mewujudkan lansia tangguh di Kota Magelang, agar mereka memperoleh akses berbagai pelayanan kesejahteraan sosial,’’ kata Kepala Dinas Sosial Hardi Siswantono, kemarin.

Dia menerangkan, beberapa hari lalu bertempat di Aula Yayasan Mayu Dharma Putra 78,  para lanjut usia perwakilan dari 17 kelurahan di Kota Magelang mengikuti kegiatan pembinaan bagi lanjut usia dan keluarganya.

Kegiatan ini, lanjut Hardi, merupakan program kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Dinas Sosial. Tujuannya  sebagai wahana pertemuan lanjut usia, refreshment materi terkait dengan permasalahan dan kesejahteraan lanjut usia, sarana tukar informasi terkait perkembangan lanjut usia di Kota Magelang.

Kegiatan ini diisi narasumber Dwi Ambar Pratiknyo (penyuluh sosial muda) dan Anjarwati (wirausaha catering) dengan materi ‘Lanjut Usia Tangguh dan Kewirausahaan’ serta simulasi praktik pembuatan kue.

Mantan Sekretaris DPRD Kota Magelang itu menjelaskan, lanjut  usia merupakan periode di mana organisme telah mencapai kemasakan dalam ukuran fungsi, dan juga telah menunjukkan kemunduran sejalan dengan waktu.

Dalam menghadapi era milineal dan perkembangan proporsi penduduk lansia di Indonesia yang sudah mencapai 8,03 %, perlu diupayakan kegiatan yang dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) salah satunya Dinas Sosial.

Hardi menuturkan, paradigma mewujudkan lansia tangguh  salah satu perwujudan bagaimana peran Dinas Sosial dalam mengurangi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) khususnya lansia terlantar.

‘’Dinas Sosial senantiasa berupaya memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan lansia, terutama lansia yang membutuhkan pelayanan kesejahteraan sosial, sehingga tidak ada lanjut usia yang terlantar di Kota Magelang,’’ tuturnya.

Upaya ini membutuhkan sinergitas program kegiatan baik antar OPD, dukungan masyarakat dan dukungan dari keluarga.

Selain kegiatan pembinaan bagi lansia, upaya pelayanan kesejahteraan sosial juga sudah dilaksanakan Dinas Sosial melalui rujukan ke panti pelayanan sosial lanjut usia milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan program lain dari Kementerian Sosial.

‘’Lansia tangguh merupakan sosok seseorang atau kelompok lansia yang berumur diatas 60 tahun bercirikan sehat, mandiri, aktif dan produktif. Lansia tangguh dapat terwujud dengan dukungan peran fungsi keluarga yang dihubungkan dengan dimensi lanjut usia tangguh,’’ terangnya. (SMNet.Com/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here