Bagikan
TES WAWANCARA: Seorang calon komisioner KPU Jateng sedang menjalani tes wawancara.
SEMARANG– Sebanyak 28 peserta mengikuti tes wawancara calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah di Ruang Arjuna, Hotel Patra, Semarang, 18 s.d 20 Juli. Wawacara dilakukan oleh panel Tim Seleksi yang terdiri atas JC Tukiman Tarunasayoga, Zakiyuddin Baidlowi, Turtiantoro, Fitriyah, dan Amir Machmud NS.
Dari tahapan seleksi tersebut akan dijaring 14 calon, yang pada akhir Juli atau awal Agustus nanti diserahkan kepada KPU RI guna menjalani fit and proper test. Uji kepatutan dan kelayakan itu memilih tujuh nama yang akan menjadi anggota KPU Jateng periode 2018-2023. Di antara 28 calon tersebut tercatat empat komisioner incumbent.
Kompetensi Calon
Tukiman Taruna menjelaskan, materi wawancara meliputi penggalian kompetensi calon yang terkait dengan ide-ide dalam manajemen penyelenggaraan kepemiluan, pemahaman tentang sistem politik, juga penguasaan peraturan perundang-undangan politik dan pemilu.
“Masalah-masalah integritas, referensi pengalaman dan gagasan-gagasan segar penyelenggaraan, pengetahuan umum, dan klarifikasi atas masukan masyarakat juga kita eksplorasi dalam tes wawancara tersebut,” katanya.
Tukiman menambahkan, timsel berusaha mendapatkan calon-calon komisioner terbaik, sehingga yang tersaring menjadi 14 nama untuk diserahkan ke KPU RI nanti betul-betul merupakan representasi dari tantangan kebutuhan penyelenggaraan pemilu di provinsi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here