Bagikan
Kepala SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Gunarsi, melakukan penyiraman air bunga kepada siswa baru yang selesai mengikuti MPLS. Ini untuk menandai keberadaannya diterima menjadi keluarga besar SMK Negeri 1 Jatiroto.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Paham kebangsaan, merupakan komitmen yang dilandasi semangat kebersamaan, merasa senasib dan sepenanggungan. Sedangkan semangat kebangsaan, merupakan perpaduan antara tumbuhkembangnya rasa dan semangat kebangsaan, yang terpancar dari kualitas dan ketangguhan dalam menghadapi ancaman.
Demikian ditegaskan Komandan Koramil (Danramil)-19 Girimarto Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Cba) Suparna, ketika memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para siswa baru SMA Negeri 1 Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Untuk memberikan pembekalan kepada sebanyak 156 siswa baru yang menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Kepala Sekolah (Kasek) SMA Negeri 1 Girimarto, Sumarman, mendatangkan instruktur dari personel militer untuk memberikan materi Wasbang.
Upaya pemberian pembekalan tentang Wasbang, diharapkan dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme para siswa, sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa. Kecuali materi Wasbang, kepada para siswa juga diberikan pemahaman tetang jati diri bangsa Indonesia dan materi tentang anti-radikalisme. Hal ini penting untuk dipahami para siswa, dalam mempersiapkan potensi generasi muda bangsa, agar kelak dapat ikut serta berperan membangun bangsa. Cara penyampaian materi yang dipadu dengan selingan gurauan, menjadikan siswa tidak jenuh mengikutinya.
Kasek SMP Negeri 2 Bulukerto, Retno Hartini, juga mendatangkan instruktur tentara untuk memberikan pembekalan kepada para siswa baru di sekolahnya yang menjalani MPLS. Personel Koramil-21 Bulukerto, Pelda Bambang dan Serka Dadang, datang ke SMP Negeri 2, untuk memberikan pembekalan Wasbang dan membimbing para siswa berlatih Peraturan Baris Berbaris (PBB). Melalui pembimbingan personel militer, para siswa diharapkan dapat tumbuh jiwa kedisiplinannya untuk menjadi generasi muda penerus bangsa yang memiliki karakter dan berjiwa patriot, serta bersemangat sebagai insan yang nasionalis yang cinta kepada Tanah Air, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dalam melaksanakan MPLS, Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, juga menggandeng personel TNI-AD dari jajaran Koramil setempat, untuk membimbing para siswa baru yang menjalani MPLS. Ini dilakukan, sekaligus untuk memberikan pembekalan pendidik karakter kepada para siswa baru yang lolos seleksi rekurtmen melalui PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran (TA) 2018/2019. Para murid, disamping diberikan pembekalan Wasbang, juga dibimbing dalam berlatih PBB dan tata upacara bendera. Seusai menjalani MPLS, para peserta ‘diwisuda’ dengan siraman air bunga, untuk menandai secara resmi keberadaannya diterima menjadi keluarga besar SMK Negeri 1 Jatiroto.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here