Bagikan
Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede didampingi Kasi Propam Iptu Supardi (kedua dan kesatu dari kanan), memimpin langsung pelaksanaan tes urine bagi semua personel polisi dan staf ASN yang berdinas di Polres Wonogiri. Tes dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang terindikasi menyalahgunakan narkoba.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Polres Wonogiri dipimpin langsung Kapolres AKBP Robertho Pardede, menggelar pemeriksaan urine secara massal yang dilakukan mendadak kepada semua anggota. Ini diakukan, untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang menggunakan narkoba. Manakala ada personel anggota yang terbukti menyalahgunakan narkoba, akan dikenai sanksi secara tegas.
Pemeriksaan air kencing (urine) secara massal dan dilakukan medadak ini, dilaksanakan selepas apel pagi. Tidak ada kesempatan bagi anggota untuk menghindar, karena begitu usai apel pagi, mereka langsung menjalani tes urine yang dikukan oleh Sipropam bersama tim medis dari Urusan Kesehatan (Urkes), yang dikoordinasikan dengan Bagian Sumda Polres Wonogiri. ”Semua anggota yang hari itu berdinas, wajib menjalani tes urine tanpa kecuali,” tegas Kapolres Wonogiri AKBP Ribertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto.
Tes urine massal secara dadakan tersebut, tambah Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, dilaksanakan atas dasar perintah langsung dari Kapolda Jateng Nomor: STR/615/VII/HUK.12.10./2018, tentang perintah Operasi Gaktiplin (Penegakan Ketertiban Kedisiplinan) kepada semua anggota. Tujuannnya, untuk mengetahui terhadap kemungkinannya anggota ada yang menyalahgunakan narkoba, termasuk Aparat Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Polres.
Tes urine mendadak ini, dilakukan kepada sebanyak 127 anggota yang hari itu berdinas di Polres Wonogiri, terdiri atas 93 personel polisi pria dan 21 Polwan serta 11 orang staf ASN Polres. Tes yang dilakukan oleh tim medis dari Urkes Polres, mengunakan tester ‘V care one step test device.’ Hasilnya, seluruh anggota yang menjalani tes dinyatakan negatif atau tidak ada yang terindikasi mengkonsumsi narkoba dan obat terlarang lainnya.
Jalannya pelaksanaan tes, dilakukan dengan terlebih dahulu menyerahkan gelas untuk tempat sampel air kecing kepada semua anggota. Begitu menerima pembagian gelas, masing-masing anggota secara bergiliran masuk ke dalam kamar mandi untuk mewadahi air kencingnya, guna selanjutnya dilakukan tes. Pelaksanaan tes urine secara massal dan mendadak ini, dilakukan di depan ruang Sipropam Polres Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here