Bagikan
Ketua TP-PKK Kabupaten Wonogiri, Ny Verawati Joko Sutopo (kiri depan) hadir untuk membuka resmi jambore PKK di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Jambore dapat diartikan sebagai pertemuan besar. Istilah ini, populer digunakan oleh Praja Muda Karana (Pramuka), ketika menggelar event pertemuan skala besar yang diikuti oleh para insan pandu di Indonesia. Baik pertemuan di tingkat daerah, provinsi, atau di level nasional. Untuk pertamakalinya, Rabu (5/9), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, menggelar jambore  PKK yang diikuti oleh ratusan kader. Acara ini, dilaksanakan di Pendapa Kantor Kecamatan Jatisrono (30 Kilometer arah timur Kota Wonogiri).
Jambore PKK yang perdana di Kabupaten Wonogiri, ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para kader PKK sebagai mitra pemerintah, dalam ikut serta mendukung proses pembangunan daerah. ”Sehingga sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan keluarga dan wanita, dapat turut serta berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan dengan memantapkan pegangan pada 10 program pokok PKK,” tegas Ketua Panitia, Dwi Astuti Endriyo Raharjo. Ragam kegiatan jambore, meliputi senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), tertib administrasi, simulasi pawon emak, lomba cipta menu, PKK cerdas, kekompakan regu, dan pentas seni.
Kegiatan ini, diiukti oleh para kader PKK dari 15 desa dan 2 kelurahan se wilayah Kecamatan Jatisrono. Bersamaan itu, juga digelar lomba-lomba yang berkaitan dengan program dan kegiatan PKK, serta pemberian peningkatkan pengetahuan kepada ibu-ibu. Juga disajikan unjuk kebolehan para kader, dan gelar pameran untuk memperkenalkan dan mempromosikan aneka produk unggulan, hasil karya para kader dan ibu-ibu PKK dari tingkat desa/kelurahan se Kecamatan Jatisrono. Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Haryanto, menyatakan, Jambore kali ini mengusung tema ”Dengan Jambore Kader PKK, Kita Tingkatkan Profesionalitas Kader Menuju Keluarga Wareg (kenyang), Waras (sehat), Wasis (pintar), dan Waskito (cerdas), Sekaligus Mensukseskan Program Pemerintah untuk Sesarengan mBangun Wonogiri.” PKK di Wonogiri, berupaya terus menggelorakan program andalannya, yakni Keluarga 4 W 5 Sempuna, meliputi Waras, Wareg, Wasis, Wanggon, dan Waskito sebagaimana yang dicetuskan oleh Ketua Umum TP PKK Kabupaten Wonogiri, Ny Verawati Joko Sutopo.
Ny Verawati yang hadir secara pribadi di event jambore tersebut, memberikan apresiasi dan menyambutnya secara gembira, terlebih ketika melihat semangat para kader yang antusias dalam mengikuti jambore. ”Ibu-ibunya luar biasa semua, penuh semangat. Terus semangat ya. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memacu semangat kader PKK agar lebih kreatif dan inovatif, dalam melaksanakan setiap program yang dapat memberi kontribusi pada pembangunan,” tegasnya.
Hadir dalam acara tersebut Camat Jatisrono Endriyo Rahardjo, Anggota DPRD Woogiri Ny Titi Sugiarti, Danramil Jatisrono Kapten (Inf) Subandi, Kapolsek Jatisrono AKP Sali, Panitia Pelaksana Lomba Jambore, Tarmanto, para pengurus dan kader TP-PKK  se Kecamatan Jatisrono, termasuk warga masyarakat peserta lomba produk unggulan yang menjadi pelaku home industry pengolahan aneka makanan. Diantaranya adalah produk unggulan aneka kue dan roti dari bahan gaplek maupun tepung singkong, yang telah di kenal dan disukai konsumen lokal serta mulai menjadi komoditas ekspor ke Eropa. Bersamaan itu juga digelar aneka hiburan dan display drum band dari putra-putri kader PKK.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here