Bagikan
Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, menyalami para siswanya yang terbagung dalam Passkansa. Ini dilakukan setelah mereka sukses bertugas menjadi Paskibra.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Sekolah setingkat SMA/MTs dan SMK di Kabupaten Wonogiri jumlah banyak. Tapi tidak semua sekolah memiliki Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yang eksistensinya setiap tahun mendapat kepercayaan untuk mengibarkan bendera pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Diantara dari sedikit sekolah tersebut, adalah SMK Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Wonogiri, yang secara rutin setiap 17 Agustus selalu diberikan kepercayaan menjadi Paskibra.
Jumlah personel Paskibra sebanyak 60 siswa, untuk membentuk formasi pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. ”Mereka ini, diseleksi dari sekitar 900 murid,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi. Kemudian diberikan pelatihan secara intensif baris-berbaris dan tata upacara, selama tiga bulan, dengan melibatkan pelatih internal sekolah, yakni dari Wakasek Kesiswaan bersama Guru Pembina Osis, serta mengundang pula instruktur dari jajaran militer dan kepolisian.
Untuk SMK Negeri 1 Jatiroto, Paskibra-nya diberi nama Passkansa (Pasukan Pengibar Bendera SMK Negeri Satu Jatiroto), dan menjadi langganan baku untuk Paskibra pada setiap upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di tingkat Kecamatan Jatiroto. Wakasek Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Jatiroto, Maryono, dan Guru Pembina Osis Bahrudin, menyatakan, Tahun 2018 ini genap lima tahun (Panca Warsa) keberadaan Passkansa. Untuk memperingati Panca Warsa Passkansa, digelar serangkaian acara untuk menandai milad. Yakni mengadakan tasyakuran yang dimeriahkan pentas seni, bakti sosial (Baksos) menyantuni anak yatim dan membagikan sodakoh makanan kepada warga. Semua ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas keberadaan Passkansa dalam melakukan ulang tahun kelima.
Acara tasyakuran, digelar di aula SMK Negeri 1 Jatiroto (40 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Dihadiri Camat Jatiroto, Andika Krisnayana, Danramil-16 Jatiroto yang diwakili Batuud Peltu Sutarno, Kapolsek yang diwakili Bripda Sigma, Lurah Jatiroto, Suwardjo, bersama para pimpinan sekolah, guru dan karyawan serta para personel Passkansa. Juga hadir personel instruktur pelatih Paskibra Kabupaten Wonogiri. Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto yang diwakili Wakasek Hartono, menyatakan, acara milad ke 5 ini dilaksanakan sebagai wujud syukur atas keberhasilan para siswa yang tergabung dalam Paskibra.
Para personel Passkansa juga berpretasi di berbagai lomba kejuaraan baris-berbaris di tingkat Kabupaten, Karesidenan, dan di tingkat Propinsi Jateng. Bahkan meraih gelar juara umum pada kejuaraan terbuka Lomba Baris Berbaris (LBB) di Klaten, dengan memperoleh anugerah Samara Mandaladhika, yakni anugerah paling bergengsi di bidang LBB. Untuk Tahun 2018, ada lima siswa SMK Negeri 1 Jatiroto yang terpilih menjadi personel Paskibra tingkat kabupaten. Acara peringatan genap Panca Warsa Passkansa, ditandai pemotong tumpeng oleh Camat Andika Krisnayana untuk diserahkan kepada perwakilan siswa.(SMNet.Com/bp) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here