Bagikan
Saat datang ke lokasi kebakaran untuk melakukan penanganan, personel Polsek Ngadirojo Polres Wonogiri ini, juga aktif membantu melakukan pemadaman.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Gara-gara api tungku berkobar lagi, rumah dapur milik Kasimin (50), warga Dusun Manggis RT 3/RW 11, Desa Ngadirojokidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Selasa malam (2/10), ludes terbakar beserta isi perabot rumah tangga yang tersimpan di dalamnya. Tidak ada korban jiwa, karena pemilik rumah beserta anggota keluarganya segera dibangunkan tetangga dan berkesempatan menyelamatkan diri.

Informasi yang diperoleh dari lokasi menyatakan, kebakaran rumah dapur itu diketahui pukul 20.30, selagi pemilik rumah telah mulai tidur. ”Kebetulan malam itu saya lewat di samping rumah Pak Kasimin, dan melihat ada kobaran nyala api di rumah dapur,” ujar Anik (38). Tetangga korban ini, segera memberitahukan kepada Mulyono (52), dan keduanya bergegas membangunkan pemilik rumah. Bersamaan itu, juga berupaya meminta bantuan dari para tetangga.

Kebakaran ini, segera dilaporkan ke pamong desa dan diteruskan ke Polsek Ngadirojo. Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede dan Kapolsek Ngadirojo AKP Budiyono, melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, menyatakan, pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Diduga, penyebab kebakaran berasal dari api tungku dapur yang tidak sempurna memadamkannya, setelah usai menjerang air minum dan untuk memasak menu hidangan makan malam.

Seusai memasak, dikira api tungku telah padam total, maka Kasimin beserta keluarganya segera beranjak istirahat dan terlena ketiduran. Sementara api tungku menyala lagi, dan merembet membakar tandon kayu bakar yang berada di dekatnya. Kobaran api makin meluas membakar perabotan rumah tangga yang terbuat dari bambu dan kayu, sebelum kemudian membakar dinding rumah dapur. Tiupan angin, memicu nyala api makin berkobar dan tidak terkendali.

Warga masyarakat yang berdatangan memberikan pertolongan, terkendala karena di lokasi tidak tersedia air. Petugas Polsek Ngadirojo segera mengontak Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, untuk melakukan pemadaman bersama personel Polsek, Koramil, pamong desa dan warga masyarakat. Ikut hadir pula personel dari SAR Wonogiri, untuk bersama-sama petugas dan masyarakat bergotongroyong memadamkan kobaran api.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here