Bagikan
Kasi Propam Polres Wonogiri, Iptu Supardi (kiri) memimpin persiapan pemeriksaan Senpi yang dilakukan oleh Tim Senjata dari Polda Jateng.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Senjata api (Senpi) organik di jajaran Polres Wonogiri dan di Kodim 0728 Wonogiri, dilakukan pemeriksaan dan perawatan. Langkah ini, dilakukan dalam upaya pendataan, penertiban dan pengamanan serta tindakan perawatan, supaya inventaris senpi di institusi kepolisian dan TNI, dapat terjaga dengan baik untuk memaksimalkan usia pemakaiannya.

Pemeriksaan material Senpi di Polres Wonogiri, dilaksanakan Rabu (24/10) oleh Subbidpaminal Polda Jateng. Bertempat di Subag Sarpras Bagian Sumda, dan di gudang senpi Sat Sabhara Polres Wonogiri. Tindakan ini dilakukan berdasarkan Surat Perintah (Sprin) Kapolda Jateng Nomor: Sprin/4426/IV/HUK.6.6./2018. Tim yang melakukan pemeriksaan Senpi dari Polda Jateng, terdiri atas Kompol Mas’ud, Aiptu Nasikun, Brigpol Eka Merip, dan Bripda Vincentius Dhyan AE. Kedatangan mereka diterima oleh Kabag Sumda Polres Wonogiri, Kompol Hadijah Sahab dan Kasi Propam Iptu Supardi beserta jajaran Provost dan Paminal.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, menyatakan, obyek pemeriksaan meliputi pendataan dan pemeriksaan terhadap jumlah dan jenis Senpi genggam dan Senpi bahu, jumlah amunisi, Senpi yang distribusikan dari Mabes dan Polda sejak Tahun 2016, SOP tempat penyimpanan Senpi, Dipa pemeliharaan dan perawatan (Harwat) Senpi, laporan dari Sarpras Polres Wonogiri ke Biro Sarpras Polda Jateng terkait Senpi dan amunisi.

Juga dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen persyaratan anggota Polri yang pinjam pakai Senpi inventaris dinas, daftar anggota Polres Wonogiri yang pinjam pakai Senpi inventaris dinas, pelaksanaan pengecekan terhadap anggota yang pinjam pakai Senpi. Bersamaan itu, juga diperiksa dan didata tentang dokumen adminitrasi pemohon Senpi inventaris dinas berupa test psikologi dan Surat Keterangan (Suket) sehat, pengecekan Senpi titipan dari Instansi lain, pengecekan amunisi yang sudah tidak layak pakai. ”Pemeriksaan dan pendataan material Senpi organik di Polres Wonogiri berjalan aman, lancar dan tidak ada temuan,” tegas Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Hariyanto.

Sementara itu di Kodim 0728 Wonogiri, juga dilakukan perawatan Senpi inventaris dinas tentara, dalam upaya menjaga kondisinya agar tetap baik, siap pakai dan terawat demi memaksimalkan usia pemakaian. Perawatan dilakukan tim senjata yang dipimpin oleh Bintara Fourir Kodim Wonogiri Sertu Kusnadi. Mereka melakukan pengecekan kondisi Senpi dan membersihaknya dalam upaya melakukan perawatan. Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandipendim) Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, satu-persatu Senpi inventaris dicek, dibersihkan dan dirawat, agar pada saat dipergunakan dalam keadaan siap pakai.

Setiap kali anggota akan menggunakannya, harus mendapat ijin dari Dandim. Hal itu dimaksudkan agar penggunaan Senpi dapat dikontrol untuk meminimalisir penyalahgunaan dalam penggunaan. Senjata yang ada digudang, secara rutin dibersihkan, setiap kali dipakai untuk latihan menembak, upacara, maupun acara lainnya yang menggunkan senjata. Pada saat mau masuk ke gudang, selalu dicek dan dibersihkan terlebih dahulu. Senpi inventaris itu, diantaranya terdiri atas senjata laras pajang seperti M16 A1 dan FNC, sedangkan untuk pistol jenisnya P1 dan FN.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here