Bagikan
PAKTA INTEGRITAS: Kepala SMA Negeri 1 Salaman, Kabupaten Magelang, Dr Ety Syarifah MPd (kiri) menyerahkan Pakta Integritas Gerakan Literasi Sekolah kepada guru dan karyawan yang diwakili guru Siti Maryam SPd, Jumat (26/10)

SMA Salaman Lakukan Gerakan Literasi Sekolah

MAGELANG – SMA Negeri 1 Salaman, Kabupaten Magelang, melaunching gerakan literasi sekolah (GLS) dan menggelar acara puncak peringatan Bulan Bahasa, Jumat (26/10). Acara tersebut juga diisi bedah novel Glonggong dan Dasamuka karya Dr Junaedy Setiyono MPd asal Purworejo.

Kepala SMA 1 Salaman Dr Ety Syarifah MPd mengatakan, kegiatan itu sebagai sarana penumbuh rasa cinta dan bangga mempunyai Bahasa Indonesia, juga demi meningkatkan apresiasi dan kreasi terhadap karya sastra Indonesia. Selain itu untuk meningkatkan kegiatan pembiasaan membaca melalui literasi sekolah. ”Sekaligus untuk memupuk minat membaca,” katanya.

Di sela-sela memberikan sambutan di acara itu dia menyempatkan diri membaca puisi Kupu-kupu di dalam buku, karya Taufik Ismail. ”Saya terharu membaca puisi ini,” tuturnya.

Dikemukakan, untuk menopang literasi sekolah dia sudah membuat surat keputusan (SK) Nomor 180.186/524/17.1.sma-2018 tentang Tim Gerakan Literasi Sekolah. Melalui sk tersebut telah ditunjuk kepengurusan yang bertugas mengurusi literasi sekolah. Dengan demikian diharapkan program literasi sekolah betul-betul bisa berjalan di sekolah itu.

Ketua Panitia Siti Maryam SPd menambahkan, kegiatan Bulan Bahasa di SMA Salaman digelar sejak 22-26 Oktober. Selama lima hari diisi berbagai kegiatan dan lomba. Antara lain lomba membaca puisi, mencipta puisi, membuat cerita pendek, membuat komik, dan majalah dinding. Selain itu juga ada lomba debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Guna menunjang literasi sekolah dan peringatan Bulan Bahasa juga digelar bazar aneka buku, produk-produk ekstrakurikuler, termasuk ekstraboga. Dalam acara yang diikuti ratusan murid kelas X dan XI itu ditampilkan seni musik dan baca puisi oleh pelajar setempat. (ach)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here