Bagikan
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina (berjilbab) foto bersama seusai menerima penghargaan dari IALI Jateng, (SMNet.Com/dok)

 

MAGELANG- Ketua Umum Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) Jateng Siti Nurisjah sangat menyayangkan banyak lulusan arsitek lansekap yang memilih bekerja di luar negeri. Antara lain di  Qatar, Malaysia, Hongkong dan China.

‘’Sayang kan, perguruan tinggi kan disubsidi penerintah, tapi kenapa banyak yang kerjanya diluar negeri,’’ kata Siti pada acara Musyawarah Daerah (Musda) IALI Jateng, di Semarang, kemarin.

Selain itu, profesi arsitek lansekap belum terserap di pemerintahan,  karena belum ada di kepegawaiannya.
‘’Jadi nomenklatur  lansekap ini yang harusnya ada, tidak hanya profesi saja. Kebijakan untuk menerima arsitek saat ini paling banyak di Jawa Barat,’’ tuturnya.

Pada musda tersebut 4 kota/kabupaten di Jateng menerima penghargaan dari IALI, salah satunya Kota Magelang.  ‘’Mudah-mudahan arsitek lansekap menjadi salah satu yang akan membuat kota anda tidak hanya cantik, tapi juga suitable (sesuai) dan sustainable (berkelanjutan),’’ jelas Siti.

Menurutnya, arsitek lansekap tidak hanya bekerja dengan tanaman, tapi juga ruang di mana benda-benda itu ada.

Kota Magelang menerima penghargaan dari IALI karena, dinilai sanggup menata dan menjaga kondisi lingkungan perkotaan, terutama taman dan penghijauan. Penghargaan tersebut diterima Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina.

‘’Penghargaan ini sangat membanggakan karena diberikan oleh IALI Jawa Tengah, dan ini menjadi salah satu bukti bahwa Kota Magelang sudah menata kota, taman-taman dan penghijauan dengan baik,’’ katanya.

Dia menuturkan,  dengan penghargaan yang diterima diharapkan masyarakat dapat menjaga lingkungan dengan baik.

‘’Penghargaan ini juga saya harapkan dapat menyemangati kita agar menjaga lingkungan, karena gaungnya sudah didengar tidak hanya provinsi namun juga pusat. Saya apresiasi dan bangga karena kita jadi salah satu penerima penghargaan di Jawa Tengah,’’ ungkapnya. (SMNet.Com/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here