Bagikan
Seusai paparan, Wakil Wali Kota Windarti Agustina didampingi OPD terkait foto bersama dengan tim juri IGA 2018, (SMNet.Com/dok)

MAGELANG- Tahun ini, Kota Magelang kembali masuk nominasi sebagai salah satu calon penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2018 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

‘’Kota Magelang bersaing dengan sejumlah kota/kabupaten lain, seperti Bandung, Surabaya, Makasar dan lainnya. Pada tahun lalu Kota Magelang berhasil mendapatkan penghargaan IGA 2017,’’ kata Wakil Wali Kota, Windarti Agustina, kemarin.

Untuk meraih kembali IGA 2018,  Windarti didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan paparan mengenai berbagai inovasi di depan tim juri  Innovative Government Award 2018 di Kantor Kemendagri.

Di hadapan tim juri, dia memaparkan beberapa inovasi unggulan Kota Magelang. Di antaranya model inovasi OPD milik Balitbang, DataGo milik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta), Pakdewo milik Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta ATCS Audio Announcer milik Dinas Perhubungan, serta beberapa inovasi lainnya.

Windarti menuturkan,  akan terus mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru. ‘’Ke depan kita akan mendorong semua OPD untuk saling berpacu, membuat inovasi lagi. Tidak hanya terbatas yang sudah ada, tapi di semua bidang,’’ tegasnya.

Di Kota Magelang, lanjutnya, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) selalu melahirkan inovasi yang meningkat dari tahun ke tahun.

‘’Ini adalah salah satu bukti bahwa Litbang mendapat perhatian khusus, dan  hasil penelitian bisa dimanfaatkan  untuk tekhnologi tepat guna dan diterapkan di masyarakat,’’ imbuhnya.

Pada acara itu tim juri IGA 2018 memuji Kota Magelang  sebagai salah satu daerah yang memiliki inovasi beragam dan bagus.

Hal itu disampaikan saat melakukan penilaian terhadap paparan Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina.

‘’Saya pernah ke Kota Magelang dan saya tahu persis. Kota Magelang ini kota kecil, tapi tidak terlalu banyak masalah, dan inovasinya banyak serta bagus-bagus,’’ ungkap Siti Aminah, salah satu juri dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.

Senada dengan Siti, juri lainnya Arief Mulya dari United Cities and Local Governments (UCLG) juga mengatakan, Kota Magelang merupakan daerah yang konsisten meraih nilai tinggi dalam hal inovasi daerah.

‘’Kalau dilihat rincian inovasi daerah yang disubmit, Kota Magelang ini konsisten tinggi semua nilainya. Saya sampai bingung mau tanya apa,’’ tutur Arief.

IGA  merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang diciptakan. Penghargaan tersebut untuk mendorong kompetisi positif antarpemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Magelang memiliki komitmen yang kuat untuk menumbuhkembangkan inovasi sebagai alat mencapai visi Kota Magelang 2016-2021. Komitmen diawali dengan pembentukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang pada 1 Januari 2017, sebelumnya berbentuk Kantor Penelitiaan Pengembangan (Litbang) dan Statistik sejak tahun 2008.

Kota Magelang juga menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki peraturan daerah untuk mengatur inovasi daerah. Yakni Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang Inovasi Daerah. (SMNet.Com/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here