Bagikan
Danramil Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Prahwoto (ketiga dari kiri) didampingi Kapolsek Iptu Bambang Suripto (kedua dari kiri), menyerahkan bingkisan kepada perwakilan Purnawirawan. Ini dilakukan dalam acara silaturahmi anjangsana dan Baksos dalam menyambut HJK Ke 73.(SMNet.Com/bp)
WONOGIRI – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Juang Kartika (HJK) Ke 73, dilakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) dan silaturahmi dengan para purnawirawan beserta Warakawuri serta warga kurang mampu di Kantor Koramil-20 Kismantoro, Wonogiri. Bersamaan itu, jajaran Koramil-11 Manyaran, tampil memprakarsai gerakan penanaman pohon penghijauan dan kerja bakti membersihkan tempat ibadah.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandipendim) Letda (Inf) Nurhadi, Jumat (7/12), menyatakan, Baksos dan silaturahmi dalam rangka HJK di Koramil Kismantoro dipimpin Danramil Kismantoro Kapten (Inf) Prahwoto. Tujuannya untuk lebih meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. ”Tanpa rakyat, TNI itu tidak ada apa-apanya. Bersama rakyat TNI akan kuat. TNI milik rakyat, baik dalam situasi gembira, sedih dan duka. TNI akan tetap bersama rakyat,” jelas Danramil Kapten (Inf) Prahwoto.
Selain baksos, peringatan HJK Ke 73 juga dilaksanakan dengan berbagai kegiatan lain, yakni kerja bakti dan pengobatan gratis yang di gelar di satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. Sumadi, atas nama perwakilan jajaran Purnawirawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil-20 Kismantoro yang telah melaksanakan kegiatan bakti sosial anjangsana bersama Purnawirawan dan Warakawuri.

Dari Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan bahwa dalam rangka memperingati HJK Tahun 2018, dilakukan gerakan penanaman pohon penghijauan. Ini dilakukan bersama warga masyarakat Lingkungan Margosono RT 4/RW 11, Kelurahan Punduhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Bibit penghijauan yang ditanam adalah Pohon Sengon, sebanyak 600 batang di areal seluas 5 Hektare (Ha). Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Pasiter Kapten (Inf) Agus Priyanto, menyatakan, penghijauan ini dilakukan untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup, juga untuk mengantisipasi dampak pemanasan global, serta menghilangkan image (kesan) Wonogiri tidak gersang.

Dipilihnya bibit Sengon, karena ke depannya jenis tanaman keras ini memiliki nilai ekonomis yang cukup berharga. Kelak bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kepada warga masyarakat, diseru untuk dapat ikut merawat, agar tanaman tersebut bisa tumbuh subur. Bila kelak dipanen, bisa digantikan dengan menanam bibit yang baru lagi. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Manyaran, Sasmoyo, mewakili warga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI Koramil Manyaran Kodim 0728 Wonogiri yang telah peduli tampil memprakarsai gerakan tanam penghijauan. ”Kegiatan ini kiranya dapat menjadi contoh bagi masyarakat, untuk melakukan gerakan penghijauan dalam upaya mewujudkan lingkungan di Wonogiri yang ijo royo-royo,” tuturnya.

Turut hadir dalam penanaman pohon penghijauan ini, Danramil Kapten (Arm) Agus Setyono beserta para personel anggota Koramil-11 Manyaran, Pasiter Kapten (Inf) Agus Priyanto, Kasi PMD Sasmoyo, Kasi Kesra Tedjo Sudrajat, Lurah Punduh Sari, Sunarti, beserta perangkat Kelurahan Punduh Sari, para anggota FKPPI pimpian Hariyanto, dan warga masyarakat Lingkungan Margosono RT 4/RW 11, Kelurahan Punduhsari, Kecamatan Manyaran. Kabupaten Wonogiri. Jumat (7/12), jajaran Koramil Manyaran juga mengadakan kerja bakti membersihkan tempat ibadah.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here