Bagikan
Warga memberikan suaranya dalam Pilkades Tahap II Tahun 2018 di Kabupaten Wonogiri, yang digelar serentak di 50 desa di 18 kecamatan, Selasa (4/12) lalu. Para jago pemenang Pilkades, Kamis (27/12) hari ini dilantik serentak.(SMNet/bp)
WONOGIRI – Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Haryanto, menyatakan, Kamis (27/12) hari ini, akan dilakukan pelantikan secara massal sebanyak 50 orang Kepala Desa (Kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap II Tahun 2018. Mereka yang dilantik, adalah para jago yang memenangi Pilkades di 50 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yang dilaksanakan serentak Selasa (4/12) lalu. Pelantikannya akan dilakukan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo di Pendapa Kabupaten Wonogiri.
  
Dijelaskan oleh Haryanto, pelaksanaan Pilkades serentak Tahap II di 50 desa, berjalan lancar, aman, tertib, lancar dan tidak diwarnai protes. Sesuai prosedur, bagi warga yang keberatan terhadap hasil Pilkades, diberikan kesempatan untuk dapat mengajukan klaim keberatan atau gugatan. Panitia Pilkades, memberikan waktu untuk menerima dan menangani sengketa, selama dua pekan terhitung sejak hari pencoblosan. Bersamaan itu, Pemkab Wonogiri juga membentuk tim monitoring untuk melakukan pemantauan ke desa-desa yang menggelar Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, menyatakan, sebanyak 50 jago pemenang Pilkades Tahap II Tahun 2018. Jumlah jago yang maju ada 117 orang, diantaranya sebanyak 53 jago datang dari mantan Kades dan petahana. Jago dari mantan Kades atau petahana yang memenangi Pilkades hanya sebanyak 32 orang, seanyak 21 lainnya gagal memenangi Pilkades.

Adapun hasil Pilkades seluruhnya sebagai berikut, untuk Kecamatan Wonogiri Kota sebanyak 3 desa, terdiri atas Desa Sendang dimenangi Sukamto, Desa Manjung dimenangi Hartono, dan Desa Wonoharjo oleh Yakobus Suparmin. Untuk Kecamatan Wuryantoro dan Kecamatan Eromoko, yang melaksanakan Pilkades masing-masing satu desa, yakni di Desa Gumiwanglor dimenangi oleh Suparman dan di Tegalrejo dimenangi oleh Heny Listyaningsih.

Kecamatan Purwantoro sebanyak 4 desa terdiri atas Desa Talesan dimenangi Maryono, Desa Miricinde (Sigit Hernowo), Desa Joho (Suwarno) dan Desa Gondang (Sartono). Kecamatan Giritontro sebanyak 2 desa masing-masing Desa Jatirejo (Sutarno) dan Desa Pucanganom (Sukino). Kecamatan Girimarto 3 desa terdiri atas Desa Semagar (Tiyo), Desa Bubakan (Maryanto), Desa Jatirejo (Bambang Surono). Kecamatan Selogiri 2 desa terdiri atas Desa Nambangan (Suparno) dan Desa Jendi (Suhartini). Kecamatan Jatisrono 2 desa terdiri atas Desa Tasikhargo (Suyoto) dan Desa Tanggulangin (Marsih).

Selanjutnya Kecamatan Jatiroto 3 desa meliputi Desa Mojopuro (Kasmo), Desa Brenggolo (Mariyoto) dan Desa Pengkol (Sularto). Kecamatan Tirtomoyo 2 desa meliputi Desa Hargantoro (Warto) dan Desa Tanjungsari (Wiyadi). Kecamatan Giriwoyo 2 desa terdiri atas Desa Selomarto (Maryono) dan Desa Tawangharjo (Triyatmoko). Kecamatan Ngadirojo 3 desa terdiri atas Desa Pondok (Sularno), Desa Jatimarto (Sutrisno) dan Desa Kerjo Kidul (Giyanto). Kecamatan Slogohimo 5 desa meliputi Desa Sedayu (Jumari), Desa Slogohimo (Dewantoro), Desa Soco (Agus Riyanto), Desa Watusomo (Sumarno) dan Desa Padarangin (Nyono). Kecamatan Paranggupito 2 desa meliputi Desa Songbledeg (Slamet Widodo) dan Desa Paranggupito (Dwi Hartono).

Berikut untuk Kecamatan Baturetno 6 desa terdiri atas Desa Setrorejo (Didik Wahyudi), Desa Boto (Edi Suroso Bambang Setyawan), Desa Kedungombo (Agus Triyatno), Desa Sendangrejo (Sutrisno), Desa Glesungrejo (Andi Wirawan) dan Desa Saradan (Supardjo). Kecamatan Jatipurno satu desa yakni Desa Kembang (Suwarno). Kecamatan Pracimantoro 6 desa masing-masing Desa Gebangharjo (Wasino), Desa Trukan (Rakino), Desa Sambiroto (Sukatmo), Desa Jimbar (Sutrisno), Desa Suci (Wawan Manfato) dan Desa Banaran (Katman). Kecamatan Puhpelem 2 desa di Desa Puhpelem (Sarmun) dan Desa Golo (Sutarno).(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here