Bagikan
Danrem lama 074 Warastratama Surakarta, Brigjen TNI Widi Prasetijono dan istri, siap naik titian kereta kencana. Ini dilakukan dalam acara tradisi pelepasannya.(SMNet.Com/bp)

SOLO – Penerimaan dan pelepasan Komandan Korem (Danrem) 074 Warastratama Surakarta, Selasa (15/1), digelar dengan ritual tradisi pengalungan bunga untuk penyambutan kedatangan perdana pejabat baru. Kemudian dirangkai dengan pelepasan pejabat lama yang menyertakan titian (kendaraan) kereta kencana. Serangkaian acara tradisi ini, digelar di halaman Makorem 074 Warastratama Surakarta.

Sebagai pejabat baru adalah Kolonel (Inf) Rafael Granada Baay, yang menggantikan Brigjen TNI Widi Prasetyono. Ikut hadir dalam acara ini, para Kasirem 074 Warastratama, para Dandim se jajaran Korem 074 Waratratama beserta anggota dan personel PNS, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang se jajaran Korem.

Ketika memasuki pintu gerbang utama Makorem 074 Warastratama, Kolonel (Inf) Rafael Granada Baay mendapatkan kalungan bunga dan istri yang mendampinginya menerima bunga tangan, untuk menandai ucapan selamat datang. Pengalungan bunga, dilakukan oleh Kasrem 074 Warastratama Letkol (Inf) Yudi Purwanto. Selanjutnya diiringkan berjalan menuju Kantor Makorem, dipandu oleh Tari Cucuk Lampah dan iringan lagu selamat datang.

Sampai di lobi Makorem, dilaksanakan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 074 Warastratama Mosiking Roso Trus Manunggal, serta penandatanganan buku korps raport masuk satuan. Selanjutnya dirangkai dengan acara tradisi pelepasan Brigjen TNI Widi Prasetijono, yang diawali dengan sikap tekad setia ditandai penciuman Dhuaja Korem 074 Warastratama untuk yang terakhir kalinya. Ini menandai rasa kecintaan terhadap satuan. Tujuannya, agar dapat dikenang dan diingat sepanjang masa dan terpatri di sanubari di mana pun bertugas.

Rangkaian acara ini, diteruskan penyerahan tongkat komando, dan dirangkai dengan prosesi mengiringkan Brigjen TNI Widi Prasetijono beserta istri menuju kereta kencana berjalan keluar untuk meninggalkan Markas Korem 074 Warastratama. Serangkaian acara tradisi ini, merupakan salah satu kegiatan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan, serta memotivasi semangat juang dalam menghadapi tugas. Disamping itu, dimaknai sebagai wujud ketulusan dan kehormatan satuan dalam menerima pejabat baru.

Acara tradisi ini, dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi. Pejabat lama Brigjen TNI Widi Prasetijono menjalani pindah tugas menjadi Danrem Samarinda. Pejabat baru Kolonel (Inf) Rafael Granada Baay, sebelumnya menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Kodam XIV Wirabuana Hassanudin di Makassar Sulawesi. Kolonel (Inf) Rafael Granada Baay, juga pernah bertugas di Grup 2 Kopassus yang bermarkas di Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, pada periode 2015–2016.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here