Bagikan
Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti (kanan) memeriksa dokumen STNK bawaan tersangka Curat dan Curanmor Muladi (kiri). Sebelumnya, tersangka ditangkap petugas yang mengadakan kegiatan rutin razia penertiban kendaraan di jalan.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Muladi alias Kabul (33), yang diduga sebagai tersangka pelaku tindak kejahatan pencurian burung Murai, berhasil ditangkap jajaran Satlantas Polres Wonogiri yang tengah melakukan razia penertiban kendaraan di jalan raya. Warga asal Dusun Bendo RT 2/RW 1, Kelurahan Coyudan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, ini berusaha kabur saat ada pencegatan pemeriksaan penertiban kendaraan.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kasatlantas Polres AKP Dwi Erna Rustanti, melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, Selasa (12/2), menyatakan, ada petunjuk bahwa Muladi disamping menjadi tersangka yang diduga sebagai pelaku tindak pencurian dengan pemberatan (Curat), juga diduga melakukan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). ”Karena terindikasikan sebagai tersangka Curat dan Curanmor, yang bersangkutan kini diserahkan ke Satreskrim Polres Wonogiri untuk menjalani pemeriksaan,” jelas Aipda Iwan Sumarsono.

Razia pencegatan pemeriksaan kendaraan untuk penertiban, digelar di ruas jalan raya Ngadirojo-Wonogiri, Senin (11/2), tepatnya di dekat patung Jambu Mete, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri. Digelar pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00, dengan dasar Surat Perintah Nomor: Sprin 48/II/HUK.6.6/2019/ Lantas, Tanggal 11 Februari 2019. Razia dilakukan jajaran Unit Opsnal Satlatnas Polres Wonogiri dipimpin Kanit Patwal Iptu Darmin, dengan anggota terdiri atas Aiptu Sri Haryanto, Aipda Ghofur Rubiyanto, Brigadir Eko Supriyono, Brigadir Suhandi, Brigadir Handrid Mujahid, Brigadir Prio Widiyatmoko, Briptu Bangkit T, dan Briptu Yoga.

Mendadak datang melaju kencang sepeda motor Honda Scopy warna coklat hitam berplat nomor AD 5968 TW yang dikendarai tersangka, yang berusaha meloloskan diri dari pemeriksaan petugas. Sampai tersangka terjatuh karena membentur sepeda motor lain, dan terseret sampai membentur kendaraan petugas. Meski demikian, dia berusaha tancap gas lagi untuk menghindar dari pemeriksaan petugas, sampai akhirnya terjatuh lagi yang kemudian dilumpuhkan dengan cara diborgol karena berusaha melawan petugas.

Petugas yang curiga, kemudian melakukan penggledahan dan mengamankan barang bukti  sepeda motor Honda Scopy AD 5968 TW tanpa dilengkapi STNK, 1 STNK AD 3782 QU atas nama Winarni dengan alamat Jalan Belik Nomor: 44 Rejosari RT 3/RW 7, Purwodinigratan, Kecamatan Jebres, Solo, yang disimpan di bawah jok sepeda motor. Di bawah jok juga ditemukan satu buah plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) AE 4773 QE, satu ekor burung Murai Batu diwadah keranjang bambu kecil, dua bungkus obat kuat, satu bundel jimat, brikut disita pula satu ponsel dan uang Rp 318 ribu.

Hasil pengecekan ke Kantor Samsat Magetan, Jatim, motor yang dikendarai tersangka telah diblokir terkait dengan kasus Curanmor. Siapa pemilik buru Murai yang dibawa tersangka, kini masih dalam penyelidikan petugas. Sehari sebelumnya, Kapolsek Nguntoronadi Iptu Aris Joko narimo, menerima laporan kasus pencurian burung Murai milik Ferdy Hartanto (45) warga Dusun Sigereng RT 3/RW 1, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here