Bagikan
Para siswa Kelas 12 SMK Pancasila 1 Kabupaten Wonogiri, tengah menjalani tes seleksi rekrutmen tenaga kerja. Mereka direkrut untuk bekerja di PT AHM Jakarta.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Belum ujian, namun para siswa telah direkrut untuk bekerja. Demikian yang terjadi bagi para murid Kelas 12 SMK Pancasila 1 Kabupaten Wonogiri. Selama empat hari, terhitung mulai Rabu (6/3) sampai dengan Sabtu (9/3) mendatang, para siswa dijadwalkan mengikuti tes seleksi rekrutmen calon tenaga kerja yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) Jakarta.

Kepala SMK Pancasila 1 Wonogiri, Drs Joko Prihanto, melalui Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Pancasila 1 Wonogiri, Sanyoto MPd, Rabu (6/3), menyatakan, seleksi ditangani langsung oleh tim PT AHM yang datang dari Jakarta. ”Tim datang ke sekolah untuk melakukan pelayanan seleksi model jemput bola,” jelas Sanyoto didampingi Staf BKK, Purwanto.

 

Jumlah murid Kelas 12 yang mengikuti seleksi ada sebanyak 1.000 anak. Mereka berasal dari SMK Pancasila 1 Wonogiri bersama para murid SMK yang bernaung dalam Yayasan Pendidikan Pancasila (YPP) di Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya. Ditambah para murid dari sejumlah SMK Negeri di Kabupaten Wonogiri, berikut para murid SMK dari Kabupaten Magetan, Ponorogo dan Pacitan (Jatim).

 

Pelaksanaan seleksi dilakukan dalam 4 sesi. ”Pihak PT AHM tidak membatasi kuota yang akan diterima, selama lolos seleksi mereka akan direkrut bekerja, berapa pun itu jumlahnya,” jelas Sanyoto. Para peserta seleksi, datang dari siswa-siswa jurusan permesinan dan dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) otomotif.

 

Sesuai kalender pendidikan, pemerintah secara nasional baru akan menggelar Ujian Nasional (UN) untuk para siswa jenjang pendidikan SMK Tahun 2019, pada Tanggal 25-28 Maret 2019 mendatang. Meski demikian, para siswa Kelas 12 SMK di Wonogiri dan sekitarnya tersebut, saat ini telah menjalani rekurtmen tenaga kerja. Staf BKK SMK Pancasila 1 Wonogiri, Purwanto, menambahkan, seleksi rekrutmen para siswa ini, memang dilakukan awal, jauh sebelum dilaksanakan UN. ”Meski nanti penempatan bekerjanya, masih akan diagendakan sesudah pelaksanaan UN,” jelas Purwanto.

 

Menurut Sanyoto, SMK Pancasila 1 Wonogiri mendapatkan kepercayaan dari PT AHM Jakarta, untuk menggelar pelaksanaan seleksi rekrutmen siswa yang akan dijadikan calon tenaga kerja di perusahaan otomotif tersebut.(SMNet.Com/bp) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here