Bagikan
Rumah milik Kakek Kartono beserta isi seluruh harta bendanya ludes terbakar. Penyebabnya karena dari api pemanggang kayu di tungku dapur yang berkobar, ketika rumah ditinggal pergi pemiliknya.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Kebakaran rumah beserta seluruh isi harta benda, terjadi Kamis malam (4/4) di Dusun Ploso Jenar RT 4/RW 5, Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro (50 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Penyebab kebakaran diduga dari api pemanggang kayu, yang berkobar ketika rumah dalam keadaan kosong, karena pemiliknya bertandang ke rumah anaknya.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Purwantoro Iptu Aris Joko Narimo, melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, Jumat (5/4), menyatakan, rumah yang terbakar tersebut adalah milik Kakek Kartono (80), petani yang tinggal di Dusun Ploso Jenar RT 4/RW 5 Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Terkait kebakaran rumah ini, petugas telah mendatangi ke lokasi dan meminta keterangan dari para saksi. Yakni Saksi Ny Kitri (61) penduduk RT 4/ RW 5, Dusun Ploso Jenar, dan Kepala Dusun (Kadus) setempat Paryono (38).

Kejadiannya bermula ketika selesai memasak nasi di dapur, pemilik rumah kemudian memanfaatkan bara api di tungku dapur untuk memanggang kayu bakar yang masih basah. Harapannya, kayu bakar tersebut menjadi kering dan siap dimanfaatkan esok harinya. Namun tanpa disadari, bara api tungku membesar dan membakar kayu yang dipanggang, serta berkobar membakar rumah beserta seluruh isi harta bendanya.

Kebakaran rumah ini tidak segera diketahui, karena rumah dalam keadaan kosong, sebab pemilik rumah membezuk istirnya yang sakit dan tirah ke rumah anaknya yang berjarak sekitar 50 Meter dari lokasi kebakaran. Saksi Ny Kitri, menyatakan, tahu-tahu telah melihat rumah Kartono terbakar dan apinya makin berkobar. ”Saya langsung berteriak-teriak minta tolong ke warga,” ujar Ny Kitri kepada petugas. Para tetangga pun kemudian bergegas mendatangi lokasi kebakaran, untuk bersama pamong desa memberikan bantuan pemadaman. Api tidak dapat segera dipadamkan, karena di lokasi tidak tersedia air yang cukup.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here