Bagikan
SURAT SUARA: Abdul Kadir Karding memasukkan surat suara di TPS 02, Dusun Gadungan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

MAGELANG – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, menggunakan hak pilihnya di daerah pemilihan (Dapil) VI Jateng, yakni di TPS 02 Dusun Gadungan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Padahal KTP dia di wilayah Semarang.

Di TPS itu Karding bersama istrinya, Desiani Puspitaningtyas, mendaftar menggunakan formulir A-5 yang telah disiapkan. Kemudian duduk di kursi plastik yang disediakan oleh panitia pemilihan, untuk menunggu panggilan.

Dia menyatakan, sengaja memilih di TPS itu dengan pertimbangan karena merupakan wilayah daerah pemilihan (dapil) dia, yakni Dapil VI Jateng. Pertimbangan lain, ingin memperhatikan desa-desa yang relatif jauh dari kota. Dengan turun ke desa itu ke depan agar bisa menetapkan apa saja yang bisa diperjuangkan dan dikembangkan. ”Lebih asyik ketemu masyarakat di kampung, rasanya memilihnya lebih alami,” katanya.

Karding yang didampingi Ketua DPC PKB Kabupaten Magelang, H Suwarso, berharap
semua pemilih datang ke TPS untuk mencoblos. Sebab hasil pemilu itu digunakan untuk kepentingan NKRI, Pancasila dan Indonesia maju. ”Saya berharap mereka menggunakan hak pilihnya, karena penting bagi kelangsungan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Dia menilai proses pemilu di wilayah Kabupaten Magelang berlangsung baik. Di pinggir jalan maupun di pedesaan banyak melihat orang saling menunjukkan bekas tinta di kelingking, telunjuk, maupun jempol tangannya. Itu artinya kesadaran memilih cukup baik. ”Kesadaran demokrasi di sini cukup baik, semoga tidak banyak yang golput. Tentang bagaimana hasilnya kita lihat nanti,” imbuhnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02, Dusun Gadungan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Muhammad Munir, mengatakan, daftar pemilih di TPS itu 251 orang. Diperkirakan pemilih yang menggunakan hak suara sebesar 90 persen karena yang 10 persen merantau dan tidak pulang. Selain itu dua orang meninggal dunia. (ach)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here