Bagikan
Rumah Budi Santosa ludes terbakar beserta mobil, dua sepeda motor dan sepeda pancal serta seluruh harta benda yang ada di dalamnya. Pemicu kebakaran dari api tungku penggorengan krupuk rambak.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Rumah milik Budi Santosa di Dusun Sobo RT 2/RW 2, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno (sekitar 50 Kilometer selatan Kota Wonogiri), Selasa siang (16/4) ludes terbakar beserta seluruh isi harta benda yang ada di dalamnya. Musibah kebakaran ini, berlangsung selang sehari sebelum digelar pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2019. Tidak ada korban jiwa, sebab saat terjadi kebakaran, rumah dalam keadaan kosong, karena pemiliknya tengah pergi ke luar kota menjemput anaknya.

Melalui Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Baturetno AKP Subroto, menyatakan, kebakaran rumah milik Budi Santosa tersebut berlangsug pukul 14.30. Turut terbakar pula sebuah mobil, dua buah sepeda motor dan sepeda pancal. Rumah yang terbakar ini, sehari-hari dijadikan sebagai tempat produksi usaha pembuatan krupuk rambak.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ketika itu Katiman (45) warga Dusun Sobo RT 2/RW 2, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, melintas di depan rumah Budi Santosa. ”Saya curiga kok ada kepulan asap pada rumah tersebut,” jelas Katiman kepada petugas. temuan kepulan asap tersebut segera diberitahukan kepada dua rekannya, yakni Saidi (64) dan Susilo (40). Keduanya sama-sama warga Dusun Sobo RT 2/RW 2. Selanjutnya, bertiga kemudian mendekat untuk mengecek sumber kepulan asap. ”Tapi ketika itu api berangsur-angsur berkobar cepat membesar,” ujar Katiman.

Katiman bertiga kemudian berteriak-teriak memberitahukan kepada warga sekitar, dalam upaya mencari bantuan pemadaman. Namun terkendala di lokasi tidak tersedia air, sehingga amukan jago merah makin tidak dapat dikendalikan, dan membakar ludes rumah beserta seluruh isi harta bendanya.

Personel Polsek Baturetno segera datang ke lokasi untuk melakukan penanganan. Turut datang pula petugas Babinsa dan anggota Koramil Baturetno. Bersama pamong desa dan warga masyarakat, dilakukan upaya pemadaman dan upaya melokalisir kobaran api, agar tidak meluas membakar rumah pemukiman yang berada di sekitarnya.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Namun diduga berasal dari sisa api tungku penggorengan krupuk rambak di bagian dapur, yang belum sempurna pemadamannya. Akibatnya, ketika ditinggal pergi pemilik, api di tungku penggorengan kembali menyala dan berkobar, membakar rumah dapur dan rumah induk. Ikut terbakar pula sebuah mobil Suzuki Carry, dua unit sepeda motor dan satu unit sepeda kayuh

Kasus kebakaran rumah milik Budi Santosa ini, merupakan musibah kebakaran rumah untuk kedua kalinya di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu dua pekan terakhir ini. Sebelumnya, rumah milik Kakek Kartono (80) di Dusun Ploso Jenar RT 4/RW 5, Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro (50 Kilometer arah timur Kota Wonogiri), ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya. Dalam kebakaran ini, tidak ada korba jiwa karena rumah dalam keadaan kosong. Kebakaran rumah kakek Kartono, dipicu oleh api pemanggang kayu di tungku dapur, yang berkobar ketika Kakek Kartono pergi ke rumah anaknya.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here