Bagikan
Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (deret depan kedua dari kiri), bersama para perwira Polres, melakukan monitoring pengamanan jalannya rekapitulasi pemungutan suara Pemilu 2019, yang dilaksanakan oleh para personel PPK di tingkat kecamatan.(SMNet.Com/bp)
WONOGIRI – Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, minta agar para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bekerja secara profesional, dengan penuh tanggung jawab. Meskipun lelah, tandas Kapolres, tapi tugas merekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019, harus dilaksanakan secara teliti dan cermat, demi menghindarkan kekeliruan dan meminimalisir kesalahan. Tujuannya, agar di kelak kemudian hari tidak menimbulkan permasalahan.

Permintaan Kapolres ini, Sabtu (20/4), disampaikan kepada para petugas PPK di sejumlah kecamatan yang tengah melakukan tugas rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019. Rekapitulasi dilakukan jajaran PPK dengan mendasarkan hasil yang dikirimkan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan. Kepada para Kapolsek bersama jajarannya, diinstruksikan untuk melakukan pengamanan jalannya rekapitulasi hasil pemungutan suara yang dilakukan PPK di semua kecamatan.

Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, Kapolres turun langsung melakukan pemantauan ke sejumlah kecamatan. Yakni ke Kecamatan Wonogiri Kota, Selogiri, Tirtomoyo, Karangtengah, Baturetno dan Kecamatan Batuwarno. Dijelaskan, serangkaian tugas pengamanan Pemilu 2019 berlangsung dalam waktu panjang, namun tidak menyurutkan semangat Kapolres Wonogiri, untuk senantiasa turun melakukan monitoring secara langsung di wilayahnya. Itu dilakukan sejak dari tahap kampanye, distribusi logistik, pengamanan hari H pemungutan suara, sampai pelaksanaan rekapitulasi.

Di setiap kunjungan tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, berpesan kepada para Kapolsek beserta jajarannya, untuk tidak hanya mengamankan surat suara dan kotak suara, namun juga harus mengamankan para petugas penyelenggara Pemilu. Kepada jajarannya, diminta untuk senantiasa bersinergi dengan semua komponen yang terkait, yakni dengan para personel TNI maupun dengan jajaran aparat pemerintah desa dan kecamatan, serta dengan para personel penyelenggara Pemilu dan masyarakat.

Selain memantau pengamanan proses rekapitulasi suara, Kapolres juga memastikan para anggota yang bertugas tetap dalam keadaan sehat. Untuk mengantisipasi kelelahan yang berlebihan, Polsek-Polsek di Wonogiri diperkuat dengan para perwira pendamping, yang mem-backup para Kapolsek, dengan tujuan untuk menghindari kelelahan yang berlebihan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here