Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (berpeci) dan Sekda Suharno (kiri), mendampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika beberapa waktu lalu mengunjungi stand pameran produk unggulan di Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Selama lima hari berturut-turut, akan dilaksanakan gelar akbar pasar rakyat di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Yakni mulai Selasa (30/4) sampai dengan Sabtu (4/5) mendatang. Event ini, akan melibatkan puluhan bakul kuliner jajan pasar dan aneka makanan tradisional. Digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke 278 Kabupaten Wonogiri Tahun 2019.

Selasa (23/4), Sekda Wonogiri, Suharno, selaku Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri, menyatakan, pasar rakyat digelar setiap petang sampai malam hari. Setiap malamnya, dimeriahkan dengan hiburan musik campursari, kesenian reog, band pelajar, dan puncaknya disajikan Gigi Band. Sebagai bintang tamu, band papan atas Gigi dari Bandung, mengusung jenis musik pop dan rock.

Gigi Band, dibentuk oleh Arman Maulana dan penulis lagu Dewa Budjana, yang keberadaannya digandrungi oleh kaum muda sebagai generasi millenial. Kelompok musik yang berdiri pada 22 Maret 1994 ini, hadir dengan format awal yang diawaki oleh Aria Baron, Thomas Ramadhan, Ronal Fristianto, Dewa Budjana dan Arman Maulana.

Sekda Suharno berkata:”Gigi Band, kami undang untuk menjadi bintang tamu dalam upaya ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri.” Ditambahkan, sekali-kali panitia peringatan Hari Jadi berupaya ingin menyenangkan kawula muda Wonogiri. Pementasan Gigi Band, dijadwalkan Sabtu malam (4/5) untuk sekaligus menutup gelar akbar pasar rakyat.

Event Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri, dikemas sebagai kegiatan pelestarian nilai-nilai perjuangan Raden Mas (RM) Said atau Pangeran Sambernyawa. RM Said, adalah pahlawan nasional pendiri Dinasti Mangkunegaran Surakarta, yang dulu mengawali perjuangan melawan Belanda dan ketidakadilan keraton, dari Wonogiri bersama para Punggawa Baku Kawan Dasa Jaya.

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) Kabupaten Wonogiri, Wahyu Widayati, menyebutkan, gelar akbar pasar rakyat melibatkan seluruh pedagang yang selama ini berjualan di sekitar alun-alun, ditambah 20 stand pedagang kuliner lainnya. Menu yang disajikan, adalah kuliner makanan rakyat, jajan pasar dan aneka minuman serta makanan tradisional. ”Seperti bakso, soto, bakmi, sate, gule, tongseng, tengkleng dan lain-lain. Juga tersedia angkringan warung wedangan tradisional Hik dan kedai kopi,” jelas Wahyu Widayati yang juga menjabat sebagai Kabid Perdagangan Kabupaten Wonogiri.

Dalam gelar akbar pasar rakyat ini, panitia menyediakan 4.000 kupon voucher masing-masing bernilai Rp 10 ribu untuk dibagikan secara gratis kepada warga masyarakat. Perinciannya, setiap petang dibagikan sebanyak seribu kupon voucher gratis kepada para pengunjung,” tandas Wahyu Widayati.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here