Bagikan
Petugas kepolisian melakukan penanganan di Ruko Sempulur 1. Ini dilakukan, setelah mendapatkan laporan kecurian yang dilakukan pelaku dengan berpura-pura membeli rokok dalam jumlah banyak.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Ibarat sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya terjatuh pula. Demikian halnya dengan pelaku pencurian rokok dalam jumlah banyak di Ruko Sempulur 1, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Tim Resmob Polres Wonogiri, akhirnya berhasil menangkap tersangka pencurinya yang dalam aksi berpura-pura membeli rokok dalam jumlah banyak. Tersangka, Eko Puryadi alias Semo (39), warga Gang H Sibad RT 4/RW 3, Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiara Condong, Kota Bandung, Jabar. Dia juga memiliki alamat domisili di Dusun Sentul RT 2/RW 12, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Rabu (24/4), Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kasat Reskrim AKP Aditia Mulya Ramadhani melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, kasus pencurian dagangan rokok aneka merk bernilai Rp 4,17 juta lebih tersebut, berlangsung pada hari Senin (1/4) lalu. Pada pukul 10.48, pelaku datang ke Rumah Toko (Ruko) Klontong ‘Sempulur 1’ milik Prihartoko (46) di Dusun Pulo RT 2/RW 6, Desa Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Eko Puryadi berpura-pura membeli rokok berbagai jenis dalam jumlah banyak. Orde jenis dan merk rokok yang dibeli, dituliskan dalam catatan kertas memanjang. Oleh penjaga Ruko, Ajar Suseno, rokok yang dipesan tersangka diambilkan dan kemudian dimasukkan ke kardus satu-persatu oleh pelaku.

Saat itu pula, pelaku memesan lagi minyak goreng dan diambilkan oleh Ajar Suseno ke gudang. Pada saat ditinggal mengambilkan minyak goreng ke gudang, pelaku bergegas kabur dengan membawa rokok yang dia pesan tersebut. Oleh pemilik Ruko, kasus ini segera dilaporkan ke Polsek Eromoko. Kapolsek Eromoko Iptu Anom Prabowo bersama anggota, segera melakukan penanganan dan penyeledikan serta mengkoordinasikan dengan Sat Reskrim Polres Wonogiri.

Selanjutnya berbekal rekaman CCTV Ruko, pada Tanggal 22 April 2019 lalu, Tim Resmob berhasil menangkap tersangka. Tersangka, kini ditahan di Polres Wonogiri untuk menjalani pengusutan. Pria kelahiran Wonogiri 11 Oktober 1980 ini, dijerat pasal 362 KUHP sebagai pelaku tindak pindana pencurian, yang ancaman hukumannya lima tahun penjara.

Polisi juga mengamankan pula barang bukti berupa masing-masing satu lembar kertas warna coklat berisi catatan belanja tersangka, dan flashdisc merk Caviar warna hitam merah berisi rekaman CCTV yang merekam tindak-tanduk tersangka ketika berada di Ruko, serta sepeda motor Honda Beat berplat nomor AD 2375 JI warna putih merah lengkap dengan STNK-nya, dan uang tunai Rp 2.750.000,-.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here