Bagikan
Saksi dari Partai Golkar, Totok Jarwanto (kanan), mengamati nama-nama Caleg di DCT Pemilu serentak 2019. Lembar DCT tersebut ditempel di TPS 7 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – PDI Perjuangan dan Partai Golkar Kabupaten Wonogiri, tampil menjadi kekuatan politik terbesar pertama dan kedua di lembaga DPRD Wonogiri untuk periode 2019-2024 mendatang. Hasil perhitungan sementara Pemilu 2019, Partai berlambang moncong putih, menjadi kekuatan politik mayoritas yang mendominasi sekitar 60 persen perolehan kursi di DPRD Wonogiri, yakni sebanyak 28 sampai 30 kursi. Kemudian partai berlambang pohon beringin, sebagai kekuatan poltik terbesar kedua, diprediksi mendapatkan 8 sampai 10 kursi.

Pada Pemilu 2014 lalu, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini, memperoleh 13 kursi di DPRD Wonogiri dan Partai Golkar memperoleh 10 kursi di DPRD Wonogiri. Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri, Setyo Sukarno, menyatakan, dari perhitungan sementara, yang sudah jelas akan memperoleh sebanyak 28 kursi. ”Tapi kemungkinannya itu masih akan tambah menjadi 29 sampai 30 kursi,” ujar Setyo Sukarno yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Wonogiri ini. Sebanyak 28 kursi tersebut, diperoleh masing-masing berjumlah 6 kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) I, II, III, dan IV serta 4 kursi di Dapil V. ”Namun kemungkinannya masih akan tambah lagi masing-masing satu kursi di Dapil I dan Dapil III,” jelas Setyo Sukarno.

Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, yang dihubungi terpisah menyatakan, dari perhitungan sementara untuk periode lima tahun mendatang, akan mendapatkan 8 kursi di DPRD Wonogiri. Yaitu di Dapil I, II dan III masing-masing 2 kursi, dan di Dapil IV serta Dapil V masing-masing satu kursi. ”Kemungkinannya masih tambah dua kursi lagi dari Dapil IV dan VI,” jelas Bondan yang kali ini berhasil melanggang ke DPRD Provinsi Jateng. Pada Pemilu 2014 lalu, Partai Golkar Wonogiri memiliki 10 kursi di DPRD Wonogiri dan menjadi kekuatan politik kedua terbesar setelah PDI Perjuangan.

Lonjakan meningkatnya kursi PDI Perjuangan di DPRD Wonogiri, berdampak pada pengurangan dan hilangnya kursi sejumlah Parpol. Meskipun jumlah kursi untuk Pemilu 2019 DPRD Wonogiri terhitung meningkat menjadi 50 kursi. Pada Pemilu 2014 lalu, jumlah kursi di DPRD Wonogiri hanya sebanyak 45.

Hasil sementara Pemilu 2019, Parpol yang kehilangan kursi di DPRD Wonogiri, adalah Partai Nasdem, PPP, dan Partai Demokrat. Untuk kursi PAN diprediksikan berkurang dari 4 menjadi tinggal 2 atau 3, PKS susut dari semula 6 menjadi 4 kursi. Partai Gerindra berkurang dari 5 menjadi 4 kursi. Tapi untuk PKB meningkat dari semua 1 menjadi 2 sampai 3 kursi.

Setyo Sukarno, menyatakan, hasil perhitungan sementara perolehan suara PDI Perjuangan di Kabupaten Wonogiri pada Pemilu 2019 ini sebagai berikut: Dapil I sebanyak 74.532, Dapil II sebanyak 60.840, Dapil III sebanyak 67.800, Dapil IV 63.923 dan Dapil V sebanyak 53.586 suara. PDI Perjuangan Wonogiri juga berhasil mengantarkan kemenangan sejumlah Calegnya ke DPRD Provinsi Jateng, yakni Joko Purnomo, Ayuning dan MH Zainudin. Untuk Caleg DPR-RI tingkat pusat adalah Bambang ‘Pacul’ Wuryanto.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here