Bagikan
Kotingen Kabupaten Wonogiri mendapatkan 6 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu di event Popda tingkat Provinsi Jateng Tahun 2019. Tiga atlet putri, tampil foto bersama setelah mendapatkan medali.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Jateng Tahun 2019, Kotingen Kabupaten Wonogiri berhasil mendapatkan 6 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu. Sebanyak empat dari enam medali emas, didapat dari Cabang Olahraga (Cabor) Judo. Kemudian masing-masing satu emas dari Cabor Karate dan Atletik.

Sebanyak enam medali emas didapat masing-masing tiga dari jenjang SMA/SMK/MA dan tiga dari jenjang SMP/MTs. Tiga emas di jenjang SMA/SMK/MA dipersembahkan oleh Ramadika Made Prakasa dan Alifa Cahya Pangestika, keduanya dari Cabor Judo nomor + 73 Kg putra dan Judo nomor – 48 Kg putri, berikut dari Laila Nurul Humairoh dari Karate nomor Kata-Putri. Demikian dijelaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Wonogiri, Sentot Sujarwoko melalui Kabid Pemuda Olahraga Joko Nurgoho.

Minggu (28/4), Kasi Olahraga Dinparpora Kabupaten Wonogiri, Sarko, menambahkan, Kontingen Wonogiri mengirimkan 44 atlet bersama pelatih untuk mengikuti 8 Cabor di Popda yang digelar di Semarang tersebut. Yakni Cabor judo, karate, renang, atletik, sepak takraw, bola voli pasir, tarung drajat dan panahan. ”Dari delapan Cabor tersebut, Wonogiri mendapatkan 6 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu,” tandas Sarko.

Kasi Olahraga, Sarko, sosok atlet pelari yang pernah meraih medali emas di kejuaraan nasional (Kejurnas) cross country ini, menjelaskan, hasil perolehan medali Popda Jateng Tahun 2019 tersebut, merupakan prestasi yang dibanggakan bagi Kabupaten Wonogiri. Tidaklah mudah untuk meraih medali di Popda tingkat regional Jateng tersebut. Pasalnya, sebelumnya lebih dulu harus lolos dari seleksi berjenjang di tingkat kabupaten, di eks wilayah karesidenan dan baru maju ke Popda tingkat Provinsi Jateng. Popda se wilayah eks Karesidenan Surakarta, dulu digelar di Kabupaten Wonogiri, sekaligus sebagai seleksi ajang Pra-Popda Jateng Tahun 2019.

Perolehan lengkap medali Popda Jateng Tahun 2019 Kabupaten Wonogiri sebagai berikut. Untuk jenjang SMA/SMK/MA sebanyak 3 medali emas, 5 perak dan 7 perunggu. Tiga medali emas dipersembahkan oleh Ramadika Made Prakarsa dan Alifa Cahya Pangestika keduanya dari Cabor Judo, berikut Laila Nurul Humairoh dari Cabior karate. Lima perak dipersembahkan oleh Rizky Ilham Fatalilah (Judo), Nandana Alma Rizky Julian A (Tarung Drajat), Dani Bollabur Kumara (Renang), Wulan Rahma Wati ( Karate) dan Albani M Bije (Bulutangkis). Tujuh medali perunggu dari Apriza Muazar Hafifah dan Ilhami Rashita S (Judo), Dani Bollabur Kumara (2 medali dari Renang), Angga Dwi Saputro (Panahan), Ahmad Syuhkron Dwi N dan Yusut Riko Arohman (Voli Pasir).

Selanjutnya untuk jenjang SMP/MTs sebanyak 3 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Tiga emas dari Ravita Putri Aiswara dan Faisal Julian Cagya (Judo) dan Salvia Ramadhani (Atletik Lempar Lembing). Sebanyak dua medali perak dipersembahkan dari Salvia Ramadhani (Atletik Tolak Peluru) dan Yoga Satria Wardhana (Judo). Selanjutnya 4 medali perunggu dari Arva Bintang Regara Mahatmam, Lintang Warastri Hartanto, Salsabila Putri Meitira dan Keysa Mega Gutama semuanya dari Judo.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here