Bagikan
Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (kanan), menyerahkan hadiah kepada pemancing yang menenangi lomba mancing tingkat nasional di Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI РPolres Wonogiri Minggu (5/5), untuk pertamakalinya menggelar lomba mancing tingkat nasional di perairan Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri. Lomba ini, diikuti sebanyak 2.298 orang pemancing dari berbagai daerah, yakni wilayah Solo Raya, Semarang, Demak, Kudus, Jepara (Jateng) Cirebon (Jabar) Gunung Kidul Wonosari DI Yogyakarta, Magetan, Pacitan, Madiun dan Nganjuk (Jatim), dari DKI Jakarta dan Palembang (Sumsel).

Lomba mancing tersebut, mengambil tempat di bibir barat perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, tepatnya di Kawasan Wisata Baru Batu Lebar di Dusun Kedungjati, Desa Gumiwanglor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dikemas sebagai Ramai-ramai Mancing Bareng Bersama Kapolres Wonogiri, yang melibatkan para pecinta mancing dari Komunitas Pletes Mania Indonesia, Komunitas Nyobok Mania Indonesia dan Komunitas Mancing Indonesia.

Senin (6/5), Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, menyebutkan, lomba mancing ini, sekaligus dalam rangka kegiatan acara Hari Bhayangkara Ke 73 Polres Wonogiri. Tujuannya, untuk menumbuhsuburkan jalinan kebersamaan jajaran Polri dengan warga masyarakat, termasuk dengan mereka yang memiliki hobi mancing.

Kelas yang dilombakan, terdiri atas jenis mancing nyobok (sambil berendam di perairan Waduk Gajahmungkur), mancing lemparan atau mancing casting dari bibir pantai. Tim juri memilah nomor yang dipertandingkan berdasarkan hasil ikan yang terpancing. Yaitu ikan jenis Nila dan Non-nila, dengan ketentuan paling berbobot. Untuk nomor Nila, juara I, II dan III dimenangi oleh Pemancing  Rena, Bayu dan Awalidin, masing-masing asal Kota Solo dan dari Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Juara Harapan I, II dan III masing-masing dimenangi oleh Pemancing Jambal Militant, Santosa dan Bakso SMK dari Kabupaten Klaten.

Juara I, II dan III untuk nomor ikan Non-nila, masing-masing diraih oleh Pemancing Faturrohman dari Sragen, Andri dan Iwan dari Palur Solo. Selanjutnya juara harapan I, II dan III dimenangi oleh pemancing tuan rumah Wonogiri (Yatno), Kebo dari Ceplukan dan Heru dari Jambal Militant. Kepada para juara, diberikan piala, hadiah dan piagam penghargaan. Panitia juga memberikan hadiah sepeda motor kepada pemancing beruntung, yakni Sumarno, dari Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres AKBP Uri Nartanti bersama para perwira Polres, berkenan menebarkan benih ikan sebanyak 10 ribu ekor ke perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Penebaran benih bersamaan dengan acara lomba mancing tingkat nasional ini, bertujuan untuk mendukung upaya pelestarian potensi sumber hayati perikanan air tawar di Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here