Bagikan
Ketua Pansel JPTP Anwar Hamdani (tengah), ketika memimpin uji gagasan/makalah bagi peserta seleksi JPTP. Ikut mendampingi, Sekda Wonogiri, Suharno dan kepala BKD Haryono (kedua dari kanan dan kedua dari kiri).(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Mulai Kamis (9/5) sampai dengan Jumat (10/5) besok, sebanyak 48 dari 61 pejabat Pemkab Wonogiri mengikuti seleksi lanjutan uji kompetensi, untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Mereka dipersiapkan menjadi kandidat untuk mengisi kekosongan 12 jabatan eselon II, sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan jabatan kepala dinas dan kepala badan di lingkungan Pemkab Wonogiri.

Kamis (9/5), Ketua Tim Panitia Seleksi JPTP, Dr Anwar Hamdani, SH, SE, MM, MHum, menyatakan, sebanyak 48 peserta itu merupakan hasil seleksi dari tahapan sebelumnya, yang dulu jumlahnya sebanyak 61 orang pejabat. Jumlah 48 itu, merupakan akumulasi dari formasi kekosongan pejabat di 12 OPD, yang masing-masing terdiri atas 4 peserta. Guna menyelenggarakan uji kompetensi, Panitia Seleksi (Pansel) menjalin kerja sama dengan Assesment Center dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Untuk materi yang diujikan, meliputi kompetensi manajerial, kompetensi bidang/teknik, dan kompetensi sosiokultural. Kecuali itu, juga dilakukan uji kompetensi secara tertulis, da diskusi kelompok. Uji kompetensi dilaksanakan secara obyektif, profesional, transparan, dan akuntabel. Dari 48 peserta tersebut, nantinya akan diambil masing-masing 3 terbaik untuk setiap OPD. Kata Anwar, namun apabila hasilnya baik semua dan memenuhi syarat, maka semua peserta akan diikutkan tahap berikutnya, yaitu tes wawancara akhir. ”Pada wawancara akhir, pansel akan menentukan tiga nama untuk diusulkan kepada Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian,” jelas Anwar.

Dengan seleksi terbuka ini, diharapkan memperoleh pimpinan berkualitas dan mampu membantu Bupati dalam mewujudkan visi dan misinya. Diharapkan, hasil seleksi akan diserahkan ke Bupati paling lambat pada akhir Mei 2019. Nama-nama ke 48 orang pejabat yang mengikuti seleksi uji kompetensi dipilah sesuai formasi di 12 OPD. Untuk formasi Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Dinkominfo) terdiri atas Dwi Saputro, Nur Iswantoro, Karyanto Eko dan Totok Sugiyarto.

Selanjutnya untuk Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, terdiri atas Edhy Tri Hadiyanto, Herdian, Kharisma Eko Sutiyono dan Wahyu Widayati. Untuk JPTP Inspektorat Kabupaten Wonogiri terdiri atas Dewi Attutianingrum, Mardiyanto, Mulyono, dan Umi Nurjanah. Berikut untuk JPTP Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan terdiri atas Ari Tri Budoyo, Edi Djoko Dwiono, Hastomi dan Joko Waluyo. Untuk JPTP Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terdiri atas Danang Erwanto, Haryanto, Prhadi Ariyanto dan Toto Prasojo.

Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Disnakperla) terdiri atas Kikis Santosa, Sawal, Surip Surono dan Sutardi. Dinas Pendidikan Kebudayaan (Gino, Ponco Hawarno, Sriyanto dan Yuli Bangun Nursanti). JPTP Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra (Sigit Purwanto, Sulardi, Sunarso), Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum (Puji Santosa, Sulardi, Tri Wintarti dan Wiyanto). Dinsos (Andika Krisnayana, Bambang Haryanto, Kurnia Listyarini dan Sri Dasumi. Bappeda Litbang (Heru Utomo, Frc Mei Kuswiyanto, Pontjo Mardijono dan Purwadi). Berikut untuk Dinas Lingkungan Hidup (Susilo Sedyono, Setyo Susilo, Sri Wahyu Widayatto, dan Teguh Widodo).(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here