Bagikan
Guru Masdya dari SD Negeri 2 Manjung, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, Endang Siswanti (kanan), menerima anugerah satya lencana karya satya dari Presiden, yang penyematannya dilakukan oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Anugerah Satya Lencana Karya Satya dari Presiden, Senin petang (20/5), diserahkan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, kepada sejumlah personel Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Wonogiri. Anugerah dari Kepala Negara ini, diberikan kepada mereka yang memiliki jasa pengabdian tanpa cela selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Upacara penyerahannya dilakukan bersamaan dengan gelar forum silaturahmi jajaran ekskutif, legislatif dan tokoh masyarakat, yang dikemas dalam acara pelestarian nilai-nilai perjuangan Raden Mas Said, sekaligus sebagai resepsi peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke 278 Tahun 2019. Acara ini, digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri dalam warna kejawen. Yakni para hadirin datang mengenakan busana Jawa jangkep. Bagi pria memakai beskap, jarik, blangkon dan berkeris, kemudian wanita mengenakan kebaya dan kain jarik.

Sambutan dan pidato juga menggunakan Bahasa Jawa. Tampil menyampaikan sambutan, Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, dan mantan Sekda Wonogiri, Suprapto, mewakili tokoh masyarakat. Turut hadir Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh bersama jajaran Forkompinda, Sekda Wonogiri, Suharno, bersama para kepala dinas, instansi dan badan, para Anggota DPRD, Sekretaris Dewan Gatot Siswoyo, Ketua Tim Penggerak PKK Wonogiri, Ny Verawati Joko Sutopo.

Penyampaian anugerah Satya Lencana Karya Satya dari Presiden, dipilah menjadi tiga jenis. Yaitu bagi yang berpengabdian selama 30 tahun diberikan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, dan Guru Madya dari SD Negeri 2 Manjung, Wonogiri, Endang Siswanti. Kemudian yang berpengabdian 20 tahun diberikan kepada Camat Selogiri, Sigit Purwanto, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) Wonogiri, Dokter Setyarini. Berikut yang berpengabdian 10 tahun diserahkan kepada Kabid Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Wonogiri, M Chozinudin, dan Pengelola Dokumen dan Bahan Pemberitaan Satpol-PP Wonogiri, Dwi Hartati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan hadiah kepada Duta Generasi Berencana (Genre) dari jalur masyarakat, yaitu Alkahfi Nur Aziz dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PKIR) Kecamatan Slogohimo dan Larrachita Rizka Bella Purani dari PIKR Kecamatan Selogiri. Yang dari jalur pendidikan diberikan kepada Alfian Setia Anwar (SMK Sultan Agung Kecamatan Tirtomoyo) dan Richa Ayu Regista Cahyani (SMK Negeri 1 Kismantoro).

Ustadz Andi Frimansyah dari Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri, tampil memberikan kultum dan memandu doa berbuka puasa bersama. Asisten Sekda Wonogiri, Edi Sutopo, mengawali serangkaian acara ini dengan menyampaikan laporan kegiatan dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke 278.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here