Bagikan
Usai melaksanakan salat Ied Hari Selasa (4/6) di halaman SD Negeri 2 Pokohkidul, Wonogiri, para jamaah saling berjabat tangan bermaaf-maafan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Di Kabupaten Wonogiri, ada sebagian umat Islam yang telah melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri 1440 H pada hari Selasa pagi (4/6) di empat lokasi. Salat Idul Fitri 1440 H/2019 Masehi yang dilaksanakan pada hari Selasa pagi (4/6) ini, didasarkan pada ruqyat global. Ini terhitung maju sehari, dibandingkan dengan penetapan yang dilakukan oleh pemerintah.

Melalui sidang Itsbat, pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta, menetapkan Tanggal 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu (5/6). Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, Selasa (4/6), menyatakan, telah menerima laporan adanya pelaksanaan salat Ied 1440 H yang digelar pada Hari Selasa (4/6) di empat lokasi, yang diikuti oleh sebagian umat Islam di Wonogiri.

Yang pertama, salat Ied yang dilaksankan di halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Jurug, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri yang diprakarsai oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, dengan tema ”Tetap menjaga persatuan meski berbeda.” Tampil selaku Imam dan Khotib adalah KH Tukimun Makmun Syamsudin, Pengasuh Ponpes Al-Fatah/Jamaah Muslimin.

Salat Ied yang kedua, bertempat di Masjid Sabilillah, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, kabupaten Wonogiri dengan tema ”Mewujudkan ketaqwaan yang sempurna.” Tampil menjadi Imam dan Khotib Rudith Prasetyo. Ketiga, salat Ied bertempat di Masjid Baitul Mujahidin Desa Giriharjo RT 4/RW 1, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri yang diprakarsai oleh Ponpes Al Fatah dengan tema ”Pasca Ramadhan menjadikan umat muslim ketaqwaan yang sempurna.” Yang menjadi Imam H Sarkun dan Khotib KH Amin Suyatno.

Kemudian yang keempat, bertempat di Masjid Al-Istiqomah Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri yang diprakarsai oleh Ponpes Al Fatah dengan tema ”Pasca Ramadhan menjadikan umat muslim ketaqwaan yang sempurna. Yang tampil menjadi Imam dan Khotib Ustadz Jarwanto.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here