Bagikan
Kepala Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri, Agus 'Glempo' HP dan Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti (kesatu dan kedua dari kiri) bersama para pejabat melakukan pemberangkatan perdana pelayanan arus balik gratis.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Minggu (9/6), para petugas kepolisian bersama personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan aparat terkait, turun ke jalan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi kemacetan. Sementara itu, Sabtu (8/6), Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, memberangkatkan pelayanan gratis arus balik perdana pasca-lebaran.

Hampir semua ruas jalan di Kabupaten Wonogiri, pasca-hari raya Lebaran Idul Fitri 1440 H, dipadati kendaraan bermotor. Ini menyebabkan kemacetan di sejumlah titik. Ny Arsi, menuturkan, perjalanan kendaraan pribadi dari Wonogiri-Jatiroto yang biasanya hanya sekitar 1,25 jam, berubah menjadi 2,5 jam lebih. ”Macet di Ngadirojo dan Sidoharjo,” jelasnya. Penuturan macet, juga disampaikan Hasto dan Yanto. ”Hampir semua ruas jalan menuju Kota Wonogiri macet,” jelas keduanya.

Menyikapi kemacetan, Kapolsek Ngadirojo Polres Wonogiri AKP Subroto, menurunkan jajarannya mengatur arus lalu lintas di pertigaan lampu bangjo. Di pertemuan arus lalu lintas antarprovinsi, yakni dari Wonogiri (Jateng)-Ponorogo dan Pacitan (Jatim) serta arus kendaraan dari Kabupaten Karanganyar ini, petugas berupaya mengurai kemacetan. Yakni dengan melakukan tindakan darurat mengatur arus lalu lintas secara manual, dengan mengabaikan nyala isyarat lampu bangjo.

Petugas juga melakukan rekayasa memfungsikan jalur alternatif arus dari Ponorogo dilewatkan belok selatan di perempatan Gudang Kapuk Ngadirojo. Untuk selanjutnya menempuh jalan kampung di Desa Pondok, tembus ke utara Bendungan Waduk Gajahmungkur, menuju Kota Wonogiri.

Personel Polsek Sidoharjo Polres Wonogiri pimpinan AKP Sumitro, juga turun ke jalan untuk melakukan pengaturan di depan Pasar Sidoharjo. Ikut membantu pula relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI). Tindakan sama, juga dilakukan oleh jajaran Polsekta Wonogiri Kota pimpinan Kapolsek AKP Budiyono bersama personel Satlantas pimpinan Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti. Utamanya untuk mengantisipasi kemacetan di ruas jalan di depan gerbang Obyek Wisata Waduk Gajahmungkur, di bangjo Ponten depan Kantor Bank Jateng Wonogiri, dan di perempatan depan Kantor Polsekta Wonogiri Kota di Wonokarto.

Dishub Wonogiri, Minggu (9/6), melakukan rekayasa memberlakukan jalur satu arah di ruas jalan protokol Kota Wonogiri sejak dari bangjo Ponten ke utara. Arus dari utara diarahkan melewati Jalan Gunung Giri menuju Jalan Salak.

Untuk pemberangkatan perdana pelayanan arus balik gratis, dilakukan dari Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri oleh Wakil Bupati Edy Santosa. Disaksikan oleh para pejabat Dishub, Wakapolres Kompol Adi Nugroho, Kasatantas AKP Dwi Erna Rustanti, Kepala Terminal Agus ‘Glempo’ HP, bersama sejumlah pejabat dari dinas dan isntansi terkait.

Menurut Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto, sebagaiana dikemukakan melalui Kasi Teknik Sarana Prasarana (Sapras) Sudarno, menyatakan, pelayanan gratis arus balik ini dikemas dengan tema ‘Mudik Bareng Asyik Lancar.’ ”Ini bantuan arus balik gratis dari Kemenhub dengan jumlah 34 bus, untuk mengangkut penumpang sebanyak 1.255 orang,” jelas Sudarno.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here