Bagikan
BERI PENJELASAN: Sales Area Manager Indosat Magelang, Firman Raharjo (dua dari kanan) menjelaskan layanan Lebaran tahun ini. (ach)

MAGELANG – Beberapa hari sebelum dan setelah Lebaran terjadi kenaikan trafik telekomunikasi menggunakan handphone (hp). Sejalan dengan itu PT Indosat menyediakan kapasitas layanan  975 juta SMS/hari.

Sales Area Manager Indosat Magelang, Firman Raharjo, menjelaskan, perusahaan tersebut telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 terabyte/hari. Kapasitas data yang disiapkan itu untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20 persen.

Selain itu untuk kapasitas layanan short message service (SMS) disiapkan hingga 975 juta SMS per hari. Sedangkan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS itu juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang terjadi.

Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi itu juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang meningkatkan kualitas berkomunikasi di jaringan Indosat. ”Penambahan sumber daya yang melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, untuk kesiapan jaringan Indosat Ooredoo untuk Lebaran diawali dengan uji jaringan di kota-kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia. Utamanya di kantung-kantung mudik yang memiliki potensi tinggi terjadinya kepadatan tujuan mudik dan kenaikan trafik telekomunikasi cukup tinggi. Uji jaringan juga dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Lebaran, seperti stasiun, bandara, pasar, tempat-tempat wisata.

Uji jaringannya dilakukan terhadap kualitas sinyal serta kecepatan akses internet/data yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat di masing-masing lokasi. Juga telah diuji layanan untuk download, live streaming, YouTube, dan video call. (ach)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here