Bagikan
Para personel dari tim medis Puskesmas Selogiri, Wonogiri, melakukan pemeriksaan mayat Kakek Sutimin Tomo Wiyono yang ditemukan tewas tenggelam dan terseret aliran Dam Colo Barat.(SMNet.Com/bp)

WONOGIRI – Tragedi kematian secara mengenaskan, menimpa dua orang di dua lokasi dan waktu terpisah di Kabupaten Wonogiri. Keduanya tewas karena terlindas truk di Dusun Tempurharjo, Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, dan meninggal tenggelam di perairan saluran irigasi Dam Induk Colo Barat di wilayah Dusun Keblokan, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Yang tewas karena terlindas truk, adalah pengendara sepeda motor, Wiwit Litiyanto (27), penduduk asal Dusun Ngalang Ombo RT 1/RW 2, Desa Tileng, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kematian korban, berlangsung Rabu (19/6) pukul10.30. Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Eromoko Iptu Anom Prabowo melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyebutkan, saat itu Wiwit mengendarai sepeda motor Honda Beat berplat nomor AD 2273 GI, dan terlibat kecelakaan lalu lintas dengan truk berplat nomor AD 1637 KG yang dikemudikan Sumanto (49), penduduk asal Dusun Kedung Dadap RT 1/RW 5, Desa dan Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Kronologis kejadiannya, bermula ketika korban mengendarai sepeda motornya, melaju dari arah barat menuju ke timur. Bersamaan itu, truk yang dikemudikan Sumanto, melaju dari arah berlawanan. Setibanya di lokasi kecelakaan, terjadi benturan yang menyebabkan pengendara sepeda motor terpental ke lorong bawah truk, dan terlindas sampai tewas di tempat.

Dari Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan telrjadi korban tewas karena tenggelam di saluran Dam Induk Colo Barat (saluran irigasi pembagi air dari Waduk Gajahmungkur ke sektor barat). Korban adalah Sutimin Tomo Wiyono (70), warga Dusun Keblokan RT 6/RW 10, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupate Wonogiri.

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, menyebutkan, sekira pukul 08.30, korban terlihat berada di bibir saluran Dam Induk Colo Barat dengan membawa ember, diduga akan mandi. Namun malang, Kakek Sutimin Tomo Wiyono terpeleset ke air saluran, tenggelam dan hanyut terseret arus ke arah hilir. Saksi Suyadi (48) dan Agus Kustanto (27), keduanya warga Desa Sendangijo dan Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, gagal memberikan pertolongan, karena kakek Sutimin Tomo Wiyono yang sudah uzur usianya tersebut, keburu hanyut ke arah hilir.
Tragedi korban hanyut ini, segera diberitahukan kepada warga sekitar dan disampaikan ke pamong desa serta dilaporkan ke Polsek Selogiri.

Kapolsek Selogiri AKP Dirodo, bersama jajarannya dan relawan dari SAR Wonogiri, serta personel Koramil setempat, segera melakukan pencarian untuk melakukan evakuasi korban.  Korban berhasil ditemukan setelah terseret air sampai di Dusun Karangtalun, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Ketika ditemukan, korban sudah dalam keadaan tewas.

Tim medis dari Puskesmas Selogiri bersama personel dari Polsek segera melakukan pemeriksaan mayat korban. Hasil pemeriksaan menyebutkan, Kakek Sutimi tewas karena tenggelam dan hanyut. Selesai pemeriksaan, jenazah korban segera diserahkan ke pihak keluarga dengan disaksikan pamong desa, untuk kemudian dimakamkan di kuburan desa Sendangijo.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here