Bagikan
Seorang pengunjung mengabadikan keindahan pemandangan dari atas Jembatan Jurang Koco Gunung Mujil di Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang, (SMNet.Com/Dok)

 

MAGELANG- Jika anda punya riwayat penyakit jantung dan fobia terhadap ketinggian, disarankan sebaiknya tidak mencoba menikmati wahana baru yang dibangun pengelola Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang.

Wahana baru bernama ‘Jurang Koco Gunung Mujil’ (JKGM) dibangun di bibir jurang di atas sungai Progo berada di area Taman Kyai Langgeng. Tingginya mencapai 30 meter dari atas sungai, sehingga pengunjung bisa leluasa melihat langsung aliran sungai dari atas jembatan JKGM tersebut.

Jembatan itu terbuat dari kaca tebal transparan. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung Sumbing secara langsung.

Wahana ini diklaim yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Menariknya, Jembatan JKGM ini memiliki efek digital berupa visual dan suara yang seolah-olah lantai kaca retak jika diinjak.

Direktur Utama PDOW Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto menjelaskan,  komponen terbuat dari kaca itu diimpor langsung dari Cina. Termasuk teknisinya juga didatangkan dari Negeri Tirai Bambu.

Untuk menikmati wahana baru pengunjung  cukup membayar tiket Rp 20.000 per orang. Pengunjung juga wajib memakai alas kaki khusus yang disediakan pengelola.

Ketentuan lainnya, lanjut Edy, pengunjung tidak memiliki riwayat sakit jantung dan tidak fobia ketinggian.
‘’Pengunjung bisa leluasa menikmati sensasi naik ke jembatan ini, bisa foto-foto dengan latar pemandangan alam Sungai Progo, Kampung Gemulung dan Gunung Sumbing yang indah,’’ ujarnya,  Selasa (25/6).

Selain Jembatan JKGM, pengelola Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng juga menambah beberapa wahana baru mulai tahun 2019. Yakni  Kiddi Town yaitu area bermain khusus anak-anak (playground) dan Ufo Car. Adapun wahana yang sudah ada antara lain cinema 6 dimensi, bianglala, becak air, bom-bom car, sepur mini, kereta air, becak mini dan komidi putar.

Selain itu, di TKL terdapat sekitar 130 spesies tanaman, bahkan terdapat pula tanaman langka antara lain mentaok, lerak, apel bludru, sawo ijo, keben, mojo dan sebagainya.
Salah satu pengunjung, Destaria Rika, mengaku senang bisa menikmati wahana baru JKGM di Taman Kyai Langgeng. Dia  tidak mengira ada wahana yang cukup menarik dan menantang di obyek wisata ini.

‘’Saya nggak menyangka ada wahana wisata seperti ini di Kota Magelang. Wahana ini menantang adrenalin, sempat tidak berani tapi demi hasil foto yang menarik akhirnya nekat,’’ terangnya. (SMNet.Com/Doddy Ardjono)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here